PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBING-PROMTING U NTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SDN 10 TANDIKAT KECAMATAN AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM

azian, novriza (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBING-PROMTING U NTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SDN 10 TANDIKAT KECAMATAN AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (cover,persetujuan pembimbing, abstrak)
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img]
Preview
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview
[img] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img] Text (full text)
FULL GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Azian Novriza, NIM 1314070308, Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Probing-Prompting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V SDN 10 Tandikat Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 10 Tandikat Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam masih banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Berdasarkan hasil ulangan harian IPA peserta didik yang dinyatakan tuntas sebanyak 7 orang dan yang belum tuntas 14 orang. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih terpusat pada pendidik sehingga pembelajaran yang terjadi cenderung satu arah. Peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Peserta didik banyak mencatat dan menghafal dalam pembelajaran, menjadikan peserta didik kurang terlatih dalam berfikir. Peserta didik belum berani mengemukakan pendapat saat pembelajaran IPA berlangsung. Upaya yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan hasil belajar IPA yaitu dengan menerapkan model cooperative learning tipe probing-prompting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 10 Tandikat Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam setelah menerapkan model cooperative learning tipe probing-prompting pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah one group pretest – posttest design, yaitu eksperimen yang dilakukan terhadap satu kelompok saja, tanpa kelompok pembanding. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 10 Tandikat Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes essay sebanyak 10 soal. Teknik analisis datanya berupa teknik analisis kuantitatif. Untuk mengetahui peningkatan menggunakan N-Gain. Untuk mengetahui uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil pretest adalah 63,71 dan rata-rata hasil posttest adalah 84,86 dan skor N-Gain 0,582 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 8,56 dan ttabel = 2,09, sehingga disimpulkan thitung > ttabel (8,56 > 2,09). Maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya hasil belajar IPA peserta didik lebih baik setelah menerapkan model cooperative learning tipe probing-prompting di kelas V SDN 10 Tandikat Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model cooperative learning tipe probing-prompting pada pembelajaran IPA kelas V SDN 10 Tandikat Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:54
Last Modified: 26 Jun 2018 04:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1362

Actions (login required)

View Item View Item