Efektivitas Pelatihan Goal Setting untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Studi Agama-agama dalam Menghadapi Dunia Kerja

Hartono, Rahmaniah (2023) Efektivitas Pelatihan Goal Setting untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Studi Agama-agama dalam Menghadapi Dunia Kerja. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (826kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (666kB)
[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI)
BAB I-V Full Text Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil Training Need Analysis (TNA) yang dilakukan sebelum penelitian, dengan permasalahan yang paling menjadi perhatian pada mahasiswa Studi Agama-agama yaitu rendahnya kepercayaan diri mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori kepercayaan diri mahasiswa Studi Agama-agama dalam menghadapi dunia kerja sebelum dan sesudah diberikan pelatihan goal setting, serta mengetahui apakah pelatihan goal setting efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa Studi Agama-agama dalam menghadapi dunia kerja. Teori yang digunakan merupakan teori kepercayaan diri yang diungkapkan oleh Lauster (2003) dan teori goal setting menurut Weinberg (2002). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimental dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 16 orang yang merupakan keseluruhan sampel adalah kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling. Pengambilan data dilakukan dengan skala kepercayaan diri. Analisis data penelitian dilakukan dengan homogenitas, uji normalitas, serta uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil yang diperoleh menunjukkan nilai antara mean pretest 104,37 dan posttest 114,25 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima, yaitu pelatihan goal setting efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa Studi Agama-agama dalam menghadapi dunia kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Goal Setting, Mahasiswa
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:51
Last Modified: 01 Feb 2024 07:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13614

Actions (login required)

View Item View Item