Praktik Jual Beli Kelapa Bersyarat Persfektif 'Urf di Nagari Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman

Sajanah, Nelvi (2023) Praktik Jual Beli Kelapa Bersyarat Persfektif 'Urf di Nagari Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (631kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (673kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi lengkap 3 trbr wtr mark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Praktek Jual Beli Kelapa Bersyarat Persfektif ‘Urf di Nagari Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman”. Disusun oleh Nelvi Sajanah, Nim 1913040157 Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya jual beli kelapa yang bersyarat utang-piutang, di mana dalam satu transaksi terdapat dua akad, yaitu akad jual beli dan akad utang-piutang. Selain itu, dalam penentuan harga kelapa diserahkan kepada toke, kemudian dalam sistem pelunasan utang-piutang dilakukan dengan cara diangsur. Pertanyaan yang dijawab dalam penelitian ini yaitu pertama, bagaimana tradisi jual beli kelapa di Nagari Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman? Kedua, bagaimana tinjauan ‘urf terhadap kebiasaan masyarakat dalam melakukan jual beli kelapa bersyarat di Nagari Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman? Untuk menjawab permasalahan di atas penulis menggunakan penelitian lapangan melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen. Sumber data primer dalam penelitian adalah tujuh (7) orang toke, dua belas (12) pemilik kelapa dan Wali Nagari. Sedangkan data sekunder yaitu berupa buku-buku, baik buku manual maupun online dan literature lainnya. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka ditemukan bahwa: Pertama Tradisi jual beli kelapa bersyarat dilakukan dengan satu transaksi tapi menggunakan dua akad yaitu akad jual beli dan akad utang-piutang. Transaksi tersebut termasuk kepada jual beli yang dilarang dan melanggar ketentuan syara’. Kedua Kedua Tinjauan ‘urf’ terhadap Kebiasaan masyarakat Nagari Kuranji Hulu dalam melakukan jual beli kelapa bersyarat utang piutang secara hukum Islam termasuk kepada termasuk jual beli yang batil karena salah satu syaratnya tidak terpenuhi dan termasuk kepada multi akad yang diharamkan karena terdapat dua akad yang saling bertentangan dan melanggar ketentuan syara’. Sehingga dapat diketahui kebiasaan masyarakat Nagari Kuranji Hulu dalam jual beli kelapa termasuk kepada ‘urf yang fasid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Hukum Islam 'Urf, Padang Pariaman
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:41
Last Modified: 14 Sep 2023 04:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13588

Actions (login required)

View Item View Item