HUBUNGAN PENERIMAAN DIRI DENGAN KESEPIAN PADA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LKPA) KELAS II TANJUNG PATI

Nabilla, Miftahul (2023) HUBUNGAN PENERIMAAN DIRI DENGAN KESEPIAN PADA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LKPA) KELAS II TANJUNG PATI. Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA.

[img] Text (Cover, pengesahan, persetujuan, keorisinilan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar)
(miftahul nabilla) cover, pp, pk, abstrak, kp, di, dt, dg FIX.pdf - Published Version

Download (751kB)
[img] Text (BAB I)
(miftahul nabilla) BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
(miftahul nabilla) BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
(miftahul nabilla) BAB V dan Referensi.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text (Full Text)
(Miftahul Nabilla) Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak yang pada masa tumbuh kembang dan bermainnya, ketika berhadapan dengan hukum. Dimana mereka melakukan tindak pidana lalu mereka masuk kedalam sebuah lembaga. Di dalam lembaga tersebut mereka beradaptasi dengan hal baru, teman baru, lingkungan baru dan status baru. Dengan keadaan tersebut, besar kemungkinan adanya perasaan-perasaan asing dan kesepian. Dari keadaan tersebut apakah ada rasa penerimaan diri yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan penerimaan diri dengan kesepian pada anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas IIB Tanjung Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), populasi berjumlah 64 anak binaan, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 40 anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas IIB Tanjung Pati, teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Data diambil menggunakan dua skala psikologi sebagai alat ukur yaitu skala penerimaan diri dan skala kesepian pada anak binaan. Teknik analisis data penelitian dilakukan dengan analisis korelai Pearson Product Moment dengan program Statistical Package for The Social Science (SPSS) 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara penerimaan diri dengan kesepian pada anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tanjung Pati. Variabel penerimaan diri berada kategori tinggi dan variabel kesepian pada anak binaan juga berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Diri, Kesepian, Anak Binaan
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:42
Last Modified: 27 Sep 2023 04:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13585

Actions (login required)

View Item View Item