Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Jual Beli Chip Dalam Aplikasi Higgs Domino Island (Studi Kasus Desa Tanjung Siram Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara)

Dalimunthe, Bahren (2022) Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Jual Beli Chip Dalam Aplikasi Higgs Domino Island (Studi Kasus Desa Tanjung Siram Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover)
Bahren Dalimunthe_1713030061_Cover,dll - bahren dalimunthe.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Bahren Dalimunthe_171303_BAB 1 - bahren dalimunthe.pdf - Published Version

Download (830kB)
[img] Text (BAB III)
Bahren Dalimunthe_1713030061_BAB 3 - bahren dalimunthe.pdf - Published Version

Download (679kB)
[img] Text (BAB V)
Bahren Dalimunthe_1713030061_BAB 5-Daftar pustaka - bahren dalimunthe.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Fulltext)
Bahren Dalimunthe_1713030061_Fulltext - bahren dalimunthe.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh banyaknya jual beli Chip Higgs Domino Island yang dilakukan oleh masyarakat Desa Tanjung Siram. Jual beli Chip tersebut hukumnya adalah haram menurut beberapa ulama seperti, MPU aceh dan MUI dibeberapa daerah, karena memperjual belikan barang yang dijadikan sebagai taruhan dalam permainan dalam aplikasi Higgs Domino Island. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesadaran hukum masyarakat Desa Tanjung Siram terhadap jual beli Chip Higgs Domino Island. Pertanyaan penelitian dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana praktik jual beli Chipdalam aplikasi Higgs Domino Island di Desa Tanjung Siram? (2) Bagaimana pandangan tokoh agama terhadap jual beli Chip dalam aplikasi Higgs Domino Island di Desa Tanjung Siram? (3) Bagaimana kesadaran hukum masyarakat terhadap jual beli Chip dalam aplikasi Higgs Domino Island di Desa TanjungSiram?. Menjawab persoalan tersebut, penulis melakukan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian iniadalah: (1) Praktik jual beli chip dalam aplikasi higgs domino island di Desa Tanjung Siram dengan dua cara yaitu dilakukan dengan menjual langsung dan tidak langsung. (2) Pandangan tokoh agama terhadap jual beli chip dalam aplikasi higgs domino island di Desa Tanjung Siram hukumnya adalah haram, tokoh agama juga telah berupaya untuk mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak bermain dan juga melarang memperjual belikan Chip Higgs Domino Island serta memberikan solusi agar pemerintah desa membuat peraturan yang berkaitan dengan jual beli Chip Higgs Domino Island. (3)Kesadaran hukum masyarakat terhadap jual beli chip dalam aplikasi higgs domino island di Desa Tanjung Siram dapat dikatakan rendah karena lima indikator kesadaran hukum yang meliputi pengetahuan hukum, pemahaman hukum, sikap hukum, perilaku hukum dan Rasa terikat dan terdorong untuk melakukan demi hukum pada masyarakat tidak terpenuhi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:32
Last Modified: 30 Jan 2024 08:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13580

Actions (login required)

View Item View Item