Hubungan Dukungan Sosial dengan Gejala Stres Pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Wacana Asih Padang

Azzahra, Alifiah (2023) Hubungan Dukungan Sosial dengan Gejala Stres Pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Wacana Asih Padang. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Cover - Daftar Isi Fia.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Fia.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Fia-1.pdf - Published Version

Download (511kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Fia.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Skripsi Full Fia WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan Ibu yang memiliki anakberkebutuhan khusus dalam membesarkan anaknya mengeluarkan tenaga, waktu,dan perhatian lebih kepada anak berkebutuhan khusus yang menimbulkan gejalastress pada ibu. Berbagai tekanan serta kelelahan dalam mengasuh anak, khawatirakan masa depan anaknya dan perasaan sedih hingga bersalah terhadap kondisi anak yang berkebutuhan khusus. Dukungan sosial diharapkan dapat mengurangi gejala stres pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan gejala stress pada ibu yang memiliki anak berkbutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Wacana Asih Padang.Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk variabel dukungan sosial menggunakan teori Sarafino dan variabel gejala stress menggunakan teori Sarafino dan Smith. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 72 orang ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus dengan jumlah sampel adalah 61 orang ibu yang memiliki anak berkebutuhan dengan menggunakan Teknik penarikan sampel yaitu simple random sampling dengan memakai rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala psikologi dengan menggunakan model empat pilihan jawaban. Penelitian ini menggunakan dua skala sebagai alatukur yaitu skala dukungan sosial dan gejala stress. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson (pearson correlation). Hasil kategorisasi tingkat dukungan sosial pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Wacana Asih Padang berada pada kategori tinggi. Sebanyak 35 responden dengan persentase 57,4%. Dan tingkat gejala stres pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Wacana Asih Padang berada pada kategori rendah. Sebanyak 44 responden dengan persentase 72,1%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial dengan gejala stres pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Wacana Asih Padang terlihat pada nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dengan koefisien kolerasi sebesar 0.794(-0.794>0.05). Hal ini berarti bahwa semakin meningkat dukungan sosial yang diberikan oleh lingkungan kepada ibu maka akan mengurangi gejala stress yang dirasakan ibu anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:59
Last Modified: 02 Oct 2023 03:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13568

Actions (login required)

View Item View Item