Peranan Badan Musyawarah (Bamus) Nagari dalam Melakukan Pengawasan terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari Toboh Gadang Timur Perspektif Siyasah Syar’iyyah

Fitraloka, Aknes (2023) Peranan Badan Musyawarah (Bamus) Nagari dalam Melakukan Pengawasan terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari Toboh Gadang Timur Perspektif Siyasah Syar’iyyah. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover Aknes F.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III ACC (1).pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V penutup.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Fulltext)
FULL TEKS Aknes.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Adapun yang penulis maksud adalah Badan Musyawarah Nagari ini memiliki tugas untuk mengawas, membantu Wali Nagari dalam membuat peraturan nagari dan menampung aspirasi masyarakat. Pembahasan ini dilatar belakangi pada peranan badan musyawarah nagari dalam melakukan pengawasan terhadap pemerintahan Nagari Toboh Gadang Timur. pemerintahan di nagari tersebut sudah berjalan dengan baik dan Apakah Badan Musyawarah Nagari ini telah melakukan tugas dan fungsinya yang mana telah dicantumkan dalam Perda Kabupaten Padang Pariaman No. 05 Tahun 2009 tentang pemerintahan nagari. Rumusan masalah di dalam skripsi ini terfokus kepada peranan badan musyawarah nagari dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari di Nagari Toboh Gadang Timur, apa saja kendala dalam melaksanakan pengawasan terhadap pemerintahan nagari, dan bagaimana menurut siyasah syar’iyyah terhadap peranan Bamus dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari Toboh Gadang Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode hukum empiris yang mana penelitian ini bertitik fokus pada perlakuan dan kebiasaan masyarakat yang mana penelitian ini dilakukan secara langsung dan turun langsung kelapangan. Maka dalam hal ini penulis mengumpulkan segala persoalan yang terkait dengan tema penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan maka penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan di Nagari Toboh Gadang Timur Kab. Padang Pariaman yang mana telah melakukan pengawasan sesuai dengan ketentuan yang ada. Badan Musyawarah Nagari dalam menjalankan tugas Bamus mengalami beberapa kendala Badan Musyawarah Nagari Toboh Gadang Timur diharapkan menjalankan fungsi pengawasannya dan perana Bamus dalam musyawarah nagari secara maksimal dan mampu berkomunikasi dengan baik sebagai mitra pemerintahan nagari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan Bamus, pengawasan, Nagari Toboh Gadang Timur, Siyasah Syar’iyyah
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Ketatanegaraan Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:21
Last Modified: 05 Oct 2023 14:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13544

Actions (login required)

View Item View Item