Efektivitas Dzikir Pagi dan Petang terhadap Peningkatan Psychological Well-being pada Pengurus KSI Ulul-Albab Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Mulya, Redsi (2023) Efektivitas Dzikir Pagi dan Petang terhadap Peningkatan Psychological Well-being pada Pengurus KSI Ulul-Albab Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA.

[img] Text (COVER)
COVER KATA PENGANTAR DAFTAR ISI REDSI MULYA.pdf - Published Version

Download (685kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I REDSI MULYA.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III REDSI MULYA.pdf - Published Version

Download (578kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V & DAPUS.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (Fulltext)
REDSI MULYA SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada mahasiswa pengurus organisasi. Dalam menjalankan kewajibannya sebagai seorang mahasiswa, mereka juga mempunyai tanggung jawab dalam menjalankan kegiatan-kegiatan organisasi yang menyebabkan mahasiswa tersebut harus bijak dalam membagi waktunya. Banyaknya tugas perkuliahan serta kegiatan organisasi tidak jarang membuat mereka merasa kelelahan dan stres, kurang bisa membagi waktunya, sehingga berdampak pada psychological well-beingnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas dari dzikir pagi dan petang terhadap peningkatan psychological well-being pada mahasiswa pengurus KSI Ulul-Albab yang tinggal di wisma dibandingkan dengan yang tidak tinggal di wisma. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS For Windows. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 orang mahasiswa pengurus KSI Ulul-Albab, sedangkan untuk subjek nya berjumlah 40 orang (20 kelompok eksperimen dan 20 kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan skala psychological well-being dengan model empat pilihan jawaban. Adapun hasil penelitian menyatakan adanya pengaruh dari dzikir pagi dan petang terhadap peningkatan psychological well-being pada kelompok eksperimen sedangkan pada kelompok kontrol tingkat psychological well-being menurun.  Artinya Dzikir Pagi dan Petang efektif untuk meningkatkan psychological well-being pada pengurus KSI yang tinggal diwisma dibandingkan dengan pengurus KSI yang tidak tinggal di wisma, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dzikir Pagi dan Petang, Psychological Well-Being, Mahasiswa.
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:15
Last Modified: 02 Oct 2023 04:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13512

Actions (login required)

View Item View Item