Sejarah Surau dan Bergesernya Fungsi Surau dalam Kehidupan Masyarakat Nagari Gunung Medan Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya

Alfath, Julio (2023) Sejarah Surau dan Bergesernya Fungsi Surau dalam Kehidupan Masyarakat Nagari Gunung Medan Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover Julio(SKRIPSI)_1.pdf - Published Version

Download (519kB)
[img] Text (Bab 1)
Julio Bab 1.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Bab 4)
Julio BAb 4.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (Fulltext)
FULLTEXT (SKRIPSI) Julio Alfath.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini dibatasi dengan tiga hal yakni, sejarah Surau, peran penting surau dalam mendidik remaja, dan dampaknya terhadap masyarakat apabila pendidikam surau menghilang. Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah mendeskripsikan sejarah surau, mengemukakan berbagai faktor penyebab hilangnya fungsi surau, dan dampak hilangnya fungsi surau tersebut terhadap tata kehidupan masyarakat nagari Gunung Medan. Metode penelitian sejarah yang digunakan dalam karya ini meliputi langkah-langkah, heuristik, kritik sumber, sintesis, dan penulisan. Tahap pertama yang peneliti lakukan adalah mengumpulkan sumber-sumber yang mendukung penelitian, baik primer maupun sekunder. Sumber primer dilakukan dengan cara wawancara melalui narasumber, dan juga sumber sekunder dilakukan dengan cara studi kepustakaan berdasarkan sumber tertulis. Sumber-sumber yang telah terkumpul kemudian dilakukan kritik sumber. Setelah pemeriksaan terhadap sumber-sumber yang telah dikaji ulang dan direvisi, selanjutnya dilakukan penulisan yang merupakan tahap terakhir. Menurut temuan penelitian, surau adalah struktur budaya yang signifikan di daerah tersebut sebelum Islam datang. Kemampuan surau untuk menjalankan tugasnya hilang karena dua faktor internal: Kurangnya minat beragama di kalangan masyarakat umum, serta pengaruh luar seperti modernisasi yang merayap ke dalam cara hidup masyarakat nagari di Gunung Medan. Dampak dari hilangnya fungsi surau adalah kurangnya minat generasi muda nagari Gunung Medan terhadap pembelajaran Adat dan Agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sejarah, surau, fungsi
Subjects: Agama Islam > Sejarah Islam
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Kesenian Islam, Kebudayaan Islam, Seni Islam, Budaya Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:48
Last Modified: 12 Oct 2023 01:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13495

Actions (login required)

View Item View Item