Analisis Fiqh Siyasah Terhadap Pelaksanaan Penataan Desa (Studi Kasus Nagari Persiapan Giri Maju Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat)

Novianti, Mona (2022) Analisis Fiqh Siyasah Terhadap Pelaksanaan Penataan Desa (Studi Kasus Nagari Persiapan Giri Maju Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover)
Mona Novianti_1713040111 Cover-digabungkan (2) - Mona Novianti new.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
Mona Novianti_1713040111 BAB 1 - Mona Novianti new.pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text (BAB III)
Mona Novianti_1713040111 BAB III - Mona Novianti new.pdf - Published Version

Download (755kB)
[img] Text (BAB V)
Mona Novianti_ 1713040111 Bab 5 - Mona Novianti new.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text (Fulltext)
Mona Novianti_1713040111 Full Text) - Mona Novianti new.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalahmelihat bagaimana pelaksanaan penataan desa dan pengaruhnya bagikesejahteraan masyarakat Giri Maju. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah:pertama, bagaimana pelaksanaan penataan desa di Nagari Persiapan Giri MajuKecamatan Luhak Nan Duo. Kedua, bagaimana pengaruh penataan desa diNagari Persaiapan Giri Maju terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.Ketiga, analisis siyasah terhadap pelaksanaan penataan desa di NagariPersiapan Giri Maju. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut penulismenggunakan Field Research (penelitian lapangan) dengan jenis penelitiankualitalitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah metode wawancara. Sebagai metode utama dan analisa datamenggunakan analsisa kuliatatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa penerapan prosedur pelaksanaan penataan desa dari awaldibentuknya nagari persiapan Giri Maju sudah memenuhi kriteria ataupunsyarat untuk dijadikan nagari induk serta pelaksanaan pendataan masyarakatyang terorganisir dan merata. Pelaksanaan dari penataan desa di nagaripersiapan Giri Maju sudah terlaksana dengan baik. Pengaruh dilaksanakannyapenataan desa di nagari persiapan Giri Maju belum maksimal, karena terdapatbeberapa masalah yang menghambat peresmian nagari persiapan menjadinagari induk. Namun terdapat tiga pengaruh pelaksanaan penataan desa diNagari Persiapan Giri Maju terhadap kesejahteraan masyarakat yaitu;Pertama, pengaruh dalam aspek kesejahteraan dalam pelayanan publik, lebihmudahnya pengurusan surat-menyurat serta dokumen penting lainnya.Kedua, pengaruh kesejahteraan dalam aspek ekonomi, dapat dilihat dariadanya pembangunan jalan penghubung atau jalan utama antara NagariPersiapan Giri Maju ke Nagari lainnyauntuk mempermudah distribusi hasilpertanian dan perkebunan di Nagari Persiapan Giri Maju. Ketiga, aspekkesejahteraan sosial masyarakat, dapat dilihat dari peran masyarakat dalammendukung perkembangan pelaksanaan penataan desa, dapat dilihat dari ikutserta masyarakat dalam penyediaan lokasi kantor Persiapan Nagari PersiapanGiri Maju. Analisis siyasah terhadap pelaksanaan penataan desa di nagaripersiapan Giri Maju dapat dilihat dari objek kajian siyasah yang secarasubtansial berkaitan dengan ketatanegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Ketatanegaraan Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:19
Last Modified: 30 Jan 2024 07:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13492

Actions (login required)

View Item View Item