Pengaruh Jumlah Simpanan dan Jumlah Pinjaman terhadap Sisa Hasil Usaha (Studi pada Koperasi Simpan Pinjam di Kecamatan Pasar Muara Bungo)

Rahayu, Nurhesti (2023) Pengaruh Jumlah Simpanan dan Jumlah Pinjaman terhadap Sisa Hasil Usaha (Studi pada Koperasi Simpan Pinjam di Kecamatan Pasar Muara Bungo). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
cover-daftar isi.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I WATERMARK HESTI.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III WATERMARK HESTI.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (BAB V_DAPUS)
BAB V DAN DAPUS .pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sisa Hasil Usaha merupakan pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku setelah dikurangi dengan biaya, penyusutan, dan kewajiban lain dalam tahun buku yang bersangkutan. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan keuntungan Sisa Hasil Usaha Koperasi yang cenderung menurun yang terjadi pada KSP di Kecamatan Pasar Muara Bungo. Hal ini dikarenakan jumlah simpanan anggota, jumlah pinjaman anggota menurun sehingga perolehan Sisa Hasil Usaha koperasi pun mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jumlah simpanan anggota dan jumlah pinjaman anggota terhadap sisa hasil usaha pada Koperasi Simpan Pinjam di Kecamatan Pasar Muara Bungo. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif, dengan menggunakan jenis data panel yaitu data gabungan antara data runtut waktu (time series) dengan data silang tempat (cross section). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4 koperasi simpan pinjam di Kecamatan Pasar Muara Bungo. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sampling jenuh. Data diolah menggunakan Eviews Versi 12. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskritif, Analisis Regresi Data Panel, Pemilihan Model Estimasi Data, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis, dan Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial jumlah simpanan memiliki pengaruh signifikan terhadap sisa hasil usaha yang mana diperoleh nilai t hitung 3,576818 > t tabel 2,026192 dan probabilitas 0,0010 < α = 0,05, dan jumlah pinjaman berpengaruh signifikan terhadap sisa hasil usaha yang mana diperoleh nilai t hitung 7,305422 > t tabel 2,026192 dan probabilitas 0,0000 < α = 0,05. Sementara secara simultan atau bersama-sama jumlah simpanan dan jumlah pinjaman berpengaruh signifikan terhadap sisa hasil usaha. Hal ini dibuktikkan pada nilai F Statistik sebesar 138,6715 > F tabel sebesar 3,251924 dan nilai probabilitas sebesar 0,000000 < α = 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Pinjaman, Jumlah Simpanan, Sisa Hasil Usaha
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:35
Last Modified: 02 Oct 2023 02:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13490

Actions (login required)

View Item View Item