Pelaksanaan Permendes Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Peran Pendamping Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Perspektif Siyasah Dusturiyah (Studi Kasus Nagari Pelangai Gadang Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan)

Sari Sherli Novita, Sherli (2023) Pelaksanaan Permendes Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Peran Pendamping Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Perspektif Siyasah Dusturiyah (Studi Kasus Nagari Pelangai Gadang Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARI’AH.

[img] Text (Bab 3)
Sherli Novita sari_1813030044_BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab V dan daftar pustaka)
Sherli Novita sari_1813030044_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text (Full Teks)
Sherli Novita sari__1813030044_Full Teks..pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
Sherli Novita sari_1813030044_BAB I.pdf - Published Version

Download (846kB)
[img] Text (Cover)
Sherli Novita sari_1813030044_cover dlll..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul ”Pelaksanaan Permendes Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Peran Pendamping Desa untuk Meningkatkan Kualitas Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Perspektif Fiqih Siyasah Dusturiyah (Studi Kasus Nagari Pelangai Gadang Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan)” disusun oleh Sherli Novita Sari, NIM 1813030044, Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh Pendamping Desa (PD) Nagari Pelangai Gadang, dimana dalam menjalankan peran dan fungsinya Pendamping Desa Nagari Pelangai Gadang masih belum maksimal berdasarkan dari kualitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta penyelenggaraan pemerintahan desa. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pelaksanaan Permendes Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Peran Pendamping Desa untuk meningkatkan kualitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Nagari Pelangai Gadang, serta bagaimana tugas dan fungsi Pendamping Desa (PD) dalam meningkatkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat jika dikaitkan dengan perspektif fiqih siyasah dusturiyah?. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian lapangan ( field research). Data yang digunakan berupa bahan hukum primer dan sekunder. Bahan hukum primer diperoleh dari wawancara dan pengamatan di lapangan. Bahan hukum sekunder diperoleh dari struktur organisasi data kearsipan, dokumen, laporan-laporan serta buku-buku dan lain sebagainya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. Pertama, Permendes Nomor 3 Tahun 2015 yang dilaksanakan oleh pendamping desa dengan melakukan, (1) Mendampingi desa dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan terhadap pembangunan- pembangunan desaaa dan pemberdayaan masyarakat desa. (2) Mendampingi desa dalam melaksanakan pengelolaan pelayanan sosial. (3) Melakukan peningkatan kapasitas bagi pemerintah desa, lembaga kemasyarakatan desa dalam hal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. (4) Melakukan pengorganisasian didalam kelompok-kelompok masyarakat desa. (5) Melakukan peningkatan kapasitas bagi kader pemberdayaan masyarakat desa dan mendorong terciptanya kader-kader pembangunan desa yang baru. (6) Mendampingi desa dalam pembangunan kawasan perdesaan secara partisipatif. Kedua, tugas pendamping desa dalam melaksanakan pendampingan serta pengawasan dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat secara umum sejalan dengan siyasah dusturiyah. Dimana peran pendamping desa dapat disamakan dengan peran lembaga legislatif yang dalam fiqih siyasah disebut dengan Ahlu Halli wa al-Aqdi. Kata Kunci: Peran, Fungsi, Pendamping Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Fungsi, Pendamping desa
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:05
Last Modified: 29 Sep 2023 07:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13480

Actions (login required)

View Item View Item