Efektivitas Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (BPVP) Dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja (Studi Pada BPVP Kota Padang)

Widiawati, Sri (2023) Efektivitas Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (BPVP) Dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja (Studi Pada BPVP Kota Padang). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI dan BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover,pengesahan dll)
Cover dll_Sri Widiawati (1916010079)-1-10..pdf - Published Version

Download (614kB)
[img] Text (BAB 1)
Bab 1_Sri Widiawati (1916010079)-11-17..pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3_Sri Widiawati (1916010079)-36-44..pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5_Sri Widiawati (1916010079)-84-91..pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (FULL Text)
SKRIPSI BPVP SRI WIDIAWATI(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Balai pelatihan vokasi dan produktivitas (BPVP) adalah suatu lembaga pelatihan dibawah direktorat jendral pembinaan pelatihan dan produktivitas (Ditijen Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenker RI) untuk memebrikan pelatihan serta keterampilan bagi angkatan kerja dengan harapan akan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas.Dengan sasaran pelatihan nya yaitu angakatan tenaga kerja yang kurang mampu, putus sekolah dengan biaya ditangguang semua oleh pemerintah untuk mendapatkan keahlian agar mumpuni di dunia kerja. Evaluasi dilaksanakan pelatihan yang telah diikuti sebelumnya yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi profesi (LSP) Dibawah badan nasional sertifikasi profesi (BNSP). Dengan dinyatakan peserta lulus/kompeten dalam bidang/kejuruan yang telah diikuti oleh LSP merupakan nilai tambah baginya di dunia kerja. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1)bagaimana efektivitas balai pelatihan vokasi dan produktivitas (BPVP) padang dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif , menggunakan jenis data primer dan data sekunder, sumber data didapat penulis dari penelitian lapangan, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara ,dokumentasi, kousioner, dan didukung menggunakan coding data dengan Softwere Nvivo 12 Pro untuk mengelola dan menganalisis data. hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya BPVP sudah cukup efektif, segi pendekatan sumber, pendekatan proses,sudah dikatakan memadai tetapi untuk pendekatan sasaran belum bisa dikatakan sangat efektif dikarenakan belum semua dari peserta yang lulus dari BPVP bekerja, dan juga kurangnya feedback antara lulusan kepada pihak BPVP membari dan menginformasikan apakah sudah bekerja atau belum. maka bisa dikatakan efektif jika tujuan BPVP tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Balai Pelatihan Vokasi , Tenaga Kerja
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 22 Sep 2023 04:33
Last Modified: 04 Oct 2023 02:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13476

Actions (login required)

View Item View Item