Analisis Pengelolaan Dana Desa dalam Menunjang Pemerataan Pembangunan Infrastruktur di Nagari Tepi Selo Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar

Amanda Putra, Rizki (2023) Analisis Pengelolaan Dana Desa dalam Menunjang Pemerataan Pembangunan Infrastruktur di Nagari Tepi Selo Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI dan BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover,pengesahan dll)
Cover dll_Rizki Amanda Putra (1916010061) -1-13.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (BAB 1)
Bab 1_Rizki Amanda Putra (1916010061) -14-24.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3_Rizki Amanda Putra (1916010061) -55-62.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5_Rizki Amanda Putra (1916010061) -105-113.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (FULL Text)
Rizki Amanda Putra (1916010061) .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dana desa adalah dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara di peruntukkan bagi desa dalam membiayai penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa. Kehadiran Dana desa di Indonesia menjadi semangat baru yang diharapkan dapat dikelola dengan baik untuk mewujudkan desa mandiri dan masyarakat yang sejahtera. Menurut Peraturan Permendes PDTT pasal 5 No.16 tahun 2018 tentang penetapan prioritas penggunaan Dana desa tahun 2019 yang menjelaskan bahwa salah satu prioritas penggunaan Dana desa dalam pembangunan desa salah satunya tentang lingkungan pemukiman, baik itu Infrastruktur seperti jalan (meliputi jalan pemukiman, jalan desa antara pemukiman ke lokasi wisata, jalan desa antara pemukiman ke wilayah pertanian, dan juga irigasi dan masih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana desa dalam menunjang pemerataan pembangunan Infrastruktur di Nagari Tepi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Informan pada penelitian ini sebanyak 20 orang informan baik dari lembaga pemerintahan nagari ataupun masyarakat yang memiliki kepentingan dengan permasalahan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan Dana Desa di Nagari Tepi Selo Kecamatan Lintau Buo Utara sudah sesuai dengan prosedur atau berpedoman pada Peraturan Mentri Dalam Negeri No 113 tahun 2014 dimana dalam proses pengelolaan baik itu mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. Selanjutnya dari segi pemerataan pembangunan Infrastruktur di Nagari Tepi Selo dengan menggunakan dan memanfaatkan Dana Desa dalam bidang pembangunan Infrastruktur masih belum merata. Hal ini dapat dilihat dari pembangunan yang dilakukan setiap tahunnya tidak semua jorong mendapatkannya, padahal kondisi di lapangan setiap jorong itu membutuhkan pembangunan yang sama, sedangkan yang pembangunan yang dilakukan hanya pada jorong yang sudah benar-bener membutuhkan saja. Ketidakmerataan ini disebabkan oleh adanya kendala yang dihadapi pihak pemerintah nagari dalam melakukan kegiatan pembangunan karena pemerintah perlu mempertimbangkan dengan Dana Desa yang terbatas dan wilayah yang luas serta desakan dari masyarakat yang menginginkan pembangunan maka pertimbangan pemilihan wilayah yang akan dilakukan pembangunan harus benar-benar yang membutuhkan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Dana Desa, Pemerataan, Pembangunan Infrastruktur
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 22 Sep 2023 04:23
Last Modified: 04 Oct 2023 02:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13475

Actions (login required)

View Item View Item