Dampak Pelaksanaan Zakat Produktif Baznas Terhadap Perekonomian Mustahik Pada Program Balai ternak Kambing di Nagari Balimbing Rambatan Tanah Datar

Hidayati, Cici (2023) Dampak Pelaksanaan Zakat Produktif Baznas Terhadap Perekonomian Mustahik Pada Program Balai ternak Kambing di Nagari Balimbing Rambatan Tanah Datar. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cici Hidayati-1913040085-HES-Cover Dll)
Cici Hidayati-1913040085-HES-Cover Dll.pdf - Published Version

Download (717kB)
[img] Text (Cici Hidayati-1913040085-HES-BAB I)
Cici Hidayati-1913040085-HES-BAB I.pdf - Published Version

Download (737kB)
[img] Text (Cici Hidayati-1913040085-HES- BAB III)
Cici Hidayati-1913040085-HES-BAB III.pdf - Published Version

Download (586kB)
[img] Text (Cici Hidayati-1913040085-HES-BAB V dan Daftar Pustaka)
Cici Hidayati-1913040085-HES-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (504kB)
[img] Text (Fulltext)
Cici Hidayati-1913040085-HES-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Dampak Pelaksanaan Zakat Produktif Baznas terhadap Perekonomian Mustahik pada Program Balai Ternak Kambing di Nagari Balimbing Rambatan Tanah Datar”, disusun oleh Cici Hidayati Nim 1913040085 Mahasiswi Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah UIN Imam Bonjol Padang. Yang menjadi latar belakang masalah bahwa dalam pembagian ternak kambing yang diberikan oleh Baznas Tanah Datar yang mana dengan tujuan untuk meningkatnya perekonomian mustahik, tetapi dalam program balai ternak yang diadakan perkelompok tidak ada peningkatan. Berdasarkan latar belakang di atas yang menjadi pertanyaan penelitian yaitu 1.) Bagaimana pelaksanaan zakat produktif Baznas di Nagari Balimbing? 2.) Bagaimana dampak dari zakat produktif Baznas terhadap perekonomian mustahik di Nagari Balimbing? Metode menjawab permasalahan tersebut berdasarkan cara mendapatkan data penelitian lapangan (field research). Berdasarkan sember data penelitian merupakan penelitian sosiologis (empiris). Sedangkan berdasarkan pendekatan penelitian secara kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul diolah dan ditulis menggunakan analisis kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1. Pelaksanaan Program Balai Ternak Kambing produktif Baznas Tanah Datar ada beberapa proses yang harus dilakukan agar program berjalan sesuai dengan apa yang harus diharapkan dan berhasil. Proses pelaksanaan program balai ternak Baznas Tanah Datar yang pertama mengadakan launching. Tahap selanjutnya Baznas Tanah Datar menyerahkan enam puluh ekor kambing kepada wali Nagari Balimbing. Jumlah mustahik yang berhak menerima zakat kambing tersebut sebanyak empat puluh orang. Wali Nagari Balimbing membagikan kambing yang telah diberikan oleh Baznas ke setiap Jorong yang ada di Nagari Balimbing. 2. Mustahik yang merasakan dampak secara ekonomi dari program balai ternak kambing produktif di Nagari Balimbing, disebabkan kambing yang dipelihara berkembang yang awalnya dua belas ekor kambing, dan sampai saat ini bertambah sepuluh ekor kambing, jumlah keseluruhan kambing sampai sekarang ini menjadi dua puluh dua ekor kambing. Adapun empat kelompok yang sudah tidak aktif, disebabkan kambing yang dipelihara tidak berkembang. Kambing tersebut pernah keracunan, sakit, dan banyak yang mati. Kata Kunci: Zakat, Mustahik, dan Baznas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zakat, Mustahik, dan Baznas
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Zakat
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:58
Last Modified: 28 Sep 2023 13:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13474

Actions (login required)

View Item View Item