Pemberdayaan Anak Melalui Yayasan Abu Bakar Ash-Shiddiq di Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman

Dewi, Arika Rahma (2023) Pemberdayaan Anak Melalui Yayasan Abu Bakar Ash-Shiddiq di Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover, dll)
Arika Rahma Dewi_1912040021_Cover, dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Arika Rahma Dewi_1912040021_BAB l.pdf - Published Version

Download (659kB)
[img] Text (BAB III)
Arika Rahma Dewi_1912040021_BAB III.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Arika Rahma Dewi_1912040021_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Text (Full Text)
Arika Rahma Dewi_1912040021_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan anak dalam mengendalikan dirinya dalam mengikuti arus perkembangan zaman, sehingga berdampak pada rendahnya tingkat spiritual dan tidak mampunya anak dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Hal tersebut juga disebabkan karena kesibukan orang tua bekerja, sehingga orang tua kurang memperhatikan dan mengontrol perkembangan dan pertumbuhan anak dengan baik. Penelitian ini dibatasi dalam 2 pokok pembahasan yaitu (1) Bagaimana proses pemberdayaan anak yang dilakukan di Yayasan Abu Bakar Ash-Shiddiq Nagari Malai III Koto (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses pemberdayaan anak di Yayasan Abu Bakar Ash-Shiddiq Nagari Malai III Koto. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor bagaimana proses pemberdayaan anak yang dilakukan di Yayasan Abu Bakar Ash-Shiddiq, serta apa saja faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses pemberdayaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah, pengelola yayasan dan pengajar, anak yayasan sebanyak 5 orang, dan 2 orang masyarakat Nagari Malai III Koto. Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah dalam pengolahan data yang dilakukan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemberdayaan anak yang dilakukan di Yayasan Abu Bakar Ash-Shiddiq sudah melalui proses pemberdayaan. Diantara prosesnya yaitu: mengidentifikasi dan mengkaji potensi wilayah, penyusunan rencana program kegiatan, menerapkan rencana kegiatan yang telah ditetapkan, serta memantau proses dan hasil kegiatan secara berkala dan partisipatif. Semua proses pemberdayaan yang dilakukan dapat dikatakan berhasil, dari tahapan berdiskusi, menerapkan kegiatan, sampai pada keberhasilan program pemberdayaan sehingga dapat terbentuknya anak yang cerdas, unggul, dan berkualitas dalam berbagai aspek. Meskipun dalam proses pemberdayaan yang dilakukan terdapatnya hambatan yang disebabkan karena ruangan yayasan yang kurang luas, namun proses pemberdayaan yang dilakukan masih dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Anak, Yayasan
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:48
Last Modified: 05 Oct 2023 04:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13460

Actions (login required)

View Item View Item