Problematika Dakwah Dan Penanggulangannya Di Desa Balai Rajo Kecamatan Vii Koto Ilir Kabupaten Tebo Jambi

Harahap, Indra Bestari (2023) Problematika Dakwah Dan Penanggulangannya Di Desa Balai Rajo Kecamatan Vii Koto Ilir Kabupaten Tebo Jambi. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

This is the latest version of this item.

[img] Text (cover)
Indra Bestari Harahap_1912010029 Cover,Dll.pdf

Download (527kB)
[img] Text (BAB I)
Indra Bestari Harahap_1912010029 BAB I.pdf

Download (541kB)
[img] Text (BAB III)
Indra Bestari Harahap_1912010029 BAB III.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Indra Bestari Harahap_1912010029 Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (BAB V)
Indra Bestari Harahap_1912010029 BAB V.pdf

Download (741kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Problematika Dakwah dan Penanggulangannya di Desa Balai Rajo Kecamatan Vll koto Ilir Kabupaten Tebo Jambi” disusun oleh Indra Bestari Harahap Nim. 1912010029 jurusan Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Problematika dakwah adalah masalah tentang dakwah yang belum dipecahkan atau masih menimbulkan masalah di desa Balai Rajo. Adapun problematika dakwah yang teridentifikasi dalam penelitian ini adalah problematika dakwah internal dan eksternal beserta penanggulangannya. Fokus masalah dari penelitian ini adalah problematika dakwah internal dan eksternal Islam di Desa Balai Rajo Kecamatan Vll koto Ilir dan upaya penanggulangan dakwah Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sedangkan jenis penelitian menggunakan metode deskriptif. Untuk menentukan informan penelitian, dilakukan dengan tehnik area sampling dan menentukan orang yang menjadi sumber data digunakan dengan snowballing sampling. Adapun sumber data penelitian ini adalah da’i, yang dapat memberikan informasi yang akurat. Tehnik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan wawancara. Penelitian ini membuktikan adanya problematika dakwah Internal yang timbul di desa Balai Rajo kecamatan Vll koto Ilir yaitu, Merosotnya kualitas ilmu yang dimiliki oleh da’i, Da’i Bersifat Pasif Dalam Menyongsong dakwah, Kurangnya tenaga da’i yang berkompeten dalam bidang agama Islam, Metode dan Media Dakwah Da’i di Desa Balai Rajo. Sedangkan problematika Dakwah Eksternal yang timbul di desa Balai Rajo Kecamatan Vll koto Ilir yaitu, kondisi Masyarakat, Dukungan dari pihak pemerintah yang tidak memadai, Aspek Geografis, Aspek ekonomi, Aspek agama dan prasarana keagamaan, Aspek Pendidikan. Dan upaya penanggulanggan yang dilakukan Khutbah Jum’at bergilir, Kaderisasi da’i desa Balai Rajo, Ceramah agama Islam yang bersifat musiman, himbauan pemerintah untuk saling menghormati antar agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Problematika Dakwah
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Perubahan Sosial dalam Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:54
Last Modified: 11 Sep 2023 04:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13453

Available Versions of this Item

  • Problematika Dakwah Dan Penanggulangannya Di Desa Balai Rajo Kecamatan Vii Koto Ilir Kabupaten Tebo Jambi. (deposited 11 Sep 2023 04:54) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item