TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP DAGING QURBAN SEBAGAI UJROH DALAM PELAKSANAAN QURBAN (Studi Kasus Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan)

Wahyudi, Ilham (2023) TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP DAGING QURBAN SEBAGAI UJROH DALAM PELAKSANAAN QURBAN (Studi Kasus Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover DLL)
COVER DLL ILHAM.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I ILHAM.pdf - Published Version

Download (702kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (1) ILHAM.pdf - Published Version

Download (608kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V ILHAM.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI ILHAM FULL TEX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Daging Qurban Sebagai Ujroh Dalam Pelaksanaan Qurban (Studi Kasus Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan)”,, ditulis oleh: Ilham Wahyudi NIM 1913040005, Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya penerapan ujroh berupa daging qurban yang dijadikan sebagai upah bagi panitia yang bertugas sebagai penyembelih dan membagi daging qurban dengan ketentuan akan mendapatkan 1 kupon untuk satu orang dengan kisaran berat 1kg daging. Dimana dalam Islam sudah dijelaskan bahwa upah tidak boleh diambil dari bagian hewan kurban. Adapun pertanyaan penelitian dari skripsi ini adalah: Pertama, bagaimana penerapan ujroh dalam pelaksanaan qurban di Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan.? Kedua, apa faktor penyebab daging kurban dijadikan sebagai upah di Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan.? Ketiga, bagaimanakah tinjauan hukum Islam terhadap penerapan ujroh dalam pelaksanaan qurban di Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan.? Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan penyajian data dalam bentuk reduction, display, dan verification. Penelitian menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, penerapan ujroh dalam pelaksanaan qurban di Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan yaitu menjadikan daging hewan kurban sebagai upah untuk panitia dengan alasan karena hal tersebut sudah menjadi kebiasaan atau sudah menjadi tradisi bagi masyarakat setempat. Kedua, faktor penyebab daging kurban dijadikan sebagai upah ini adalah untuk meminimalisir anggaran. Ketiga, tinjauan hukum Islam terhadap penerapan ujroh dalam pelaksanaan qurban dengan memberikan upah berupa daging hewan qurban ini tidak sesuai dengan ketentuan syara’. karena seharusnya pengupahan terhadap panitia atau pekerja qurban haruslah ada anggaran tersendiri yang telah dipersiapkan oleh para peserta qurban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Qurban, Ujrah, Fiqh muamalah
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Qurban
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:58
Last Modified: 11 Sep 2023 03:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13438

Actions (login required)

View Item View Item