Kesadaran Hukum Nasabah terhadap Sistem Tanggung Renteng di PNM mekaar Syariah (Studi Kasus di Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan)

Anggraini, Ranti (2023) Kesadaran Hukum Nasabah terhadap Sistem Tanggung Renteng di PNM mekaar Syariah (Studi Kasus di Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, FAKULTAS SYAR'IAH : HUKUM EKONOMI SYAR'IAH.

[img] Text (Cover)
Ranti Anggraini Cover, pengesahan, persetujuan pembimbing, kata pengantar, daftar isi.pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text (Bab I)
Ranti Anggraini 1913040144 Bab 1.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Bab III)
Ranti Anggraini 1913040144 Bab 3.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (Bab V-Daftar Pustaka)
Ranti Anggraini 1913040144 Bab 5-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Fulltext)
Ranti Angraini 1913040144 Fultex.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidakhadiran tepat waktu dalam melakukan pembayaran sehingga terjadinya ketidaksiplinan aturan pada anggota kelompok dalam melakukan pembayaran di PNM mekaar syariah. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini ada tiga, yakni: pertama, bagaimana mekanisme tanggung renteng di PNM mekaar syariah Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan?. kedua, apa faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum nasabah terhadap sistem tanggung renteng di PNM mekaar syariah Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan?. Ketiga, bagaimana tingkat kesadaran hukum nasabah sistem tanggung renteng di PNM mekaar syariah Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan?. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian yang dilakukan adalah melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwah pertama, mekanisme tanggung renteng di PNM mekaar syariah ini sudah sesuai dengan mekanisme tanggung renteng di koperasi pada umumnya, dengan diberlakukannya sistem tanggung renteng dengan tujuan agar lancarnya uang iuran dan sudah diberlakukan sejak awal berdirinya PNM mekaar syariah dengan perjanjian yang disarankan untuk masyarakat perekonomian ke bawah. Kedua, faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum nasabah terhadap sistem tanggung rentang Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, disebabkan faktor, pertama faktor pendidikan. Tingkat pendidikan nasabah hanya tingkat SD, dan ada juga yang tidak sekolah. Kedua faktor ekonomi. Sulitnya perekonomian masyarakat membuat nasabah tidak memenuhi kewajibannya untuk membayar uang iuran yang disetorkan setiap minggunya. Ketiga, tingkat kesadaran hukum nasabah sistem tanggung renteng di PNM mekaar syariah Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih Kecamatan Sutera, tergolong rendah yaitu tidak adanya pengetahuan hukum, pemahaman hukum, sikap hukum dan pola perilaku hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Hukum,Tanggung Renteng,PNM Mekaar Syariah
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:30
Last Modified: 03 Oct 2023 03:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13432

Actions (login required)

View Item View Item