Hubungan Kekerabatan Masyarakat Nagari Saniangbaka di Kabupaten Solok dengan Masyarakat Kelurahan Lubuk Minturun di Kota Padang

Sabila, Gifari (2023) Hubungan Kekerabatan Masyarakat Nagari Saniangbaka di Kabupaten Solok dengan Masyarakat Kelurahan Lubuk Minturun di Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA.

[img] Text (COVER)
Gifari Sabila NIM 1911020038 COVER.pdf - Published Version

Download (804kB)
[img] Text (BAB I)
Gifari Sabila NIM 1911020038 BAB I.pdf - Published Version

Download (524kB)
[img] Text (BAB II)
Gifari Sabila NIM 1911020038 BAB II.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (BAB III)
Gifari Sabila NIM 1911020038 BAB III.pdf - Published Version

Download (707kB)
[img] Text (BAB IV)
Gifari Sabila NIM 1911020038 BAB IV.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Gifari Sabila NIM 1911020038 Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah tentang hubungan masyarakat Saniangbaka dengan masyarakat Lubuk Minturun. Tujuan penelitian adalah 1) Mengungkapkan sejarah hubungan kekerabatan antara masyarakat Nagari Saniangbaka dengan Lubuk Minturun 2) Mengetahui faktor yang melatar belakangi hubungan kekerabatan dan budaya antara dua wilayah 3) Menjelaskan bentuk hubungan kekerabatan masyarakat Nagari Saniangbaka dengan Lubuk Minturun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah yang dilakukan adalah heuristik, kritik sumber, interpretasi, historiografi. Hasil penelitian yang ditemukan bahwasanya asal usul masyarakat Lubuk Minturun berasal dari Saniangbaka. Hasil penelitian berikutnya faktor yang mendorong masyarakat Saniangbaka merantau ke Lubuk Minturun sebagai berikut: Pertama Ekonomi, masyarakat Saniangbaka mata pencarian sebagai petani akan tetapi membutuhkan waktu yang lama untuk satu hasil panen, dan adanya jalur perdagangan membuat masyarakat Saniangbaka juga sebagai pedagang ke wilayah lain. Kedua Budaya, sistem matrilineal di Minangkabau membuat para laki-laki mencari harta dan kehidupan di wilayah orang lain karena semua harta yang diwarisi dimiliki oleh pihak perempuan. Ketiga Sosial, adanya polemik dan kegaduhan yang terjadi dalam Rumah Gadang pihak suami atau anak bujang laki-laki pergi ke wilayah lain untuk mencari tempat tinggal baru serta memenuhi kebutuhan keluarganya. Hasil penelitian berikutnya adalah bentuk-bentuk hubungan kekerabatan yang terjadi di masyarakat Saniangbaka dengan Masyarakat Lubuk Minturun terdapat beberapa aspek seperti bahasa, sistem kemasyarakatan, mata pencaharian, peralatan dan teknologi, dan religi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hubungan kekerabatan, Saniangbaka, Lubuk Minturun
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 29 Sep 2023 01:46
Last Modified: 29 Sep 2023 01:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13412

Actions (login required)

View Item View Item