Pengaruh Spiritualitas terhadap Semangat Kerja Karyawan dengan Budaya Organisasi sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Budiman Swalayan di Kota Padang)

Devaraini, Maizura (2023) Pengaruh Spiritualitas terhadap Semangat Kerja Karyawan dengan Budaya Organisasi sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Budiman Swalayan di Kota Padang). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Koerisinilan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel dan Daftar Gambar)
Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Koerisinilan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel dan Daftar Gambar (1916030071).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (514kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (702kB)
[img] Text (Maizura Devaraini _ 1916030071 _ Fulltext.Pdf)
Maizura Devaraini _ 1916030071 _ Fulltext.Pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja karyawan yaitu salah satunya spiritualitas. Dan budaya organisasi yang dapat memoderasi hubungan spiritualitas dengan semangat kerja karyawan. Setelah melakukan observasi di Budiman Swalayan Sawahan di Kota Padang terdapat beberapa fenomena yaitu, masih rendahnya tingkat kesopanan dan keramahan karyawan terhadap konsumen ataupun sesama karyawan, masih adanya karyawan bermain hp dan bercanda gurau saat melakukan pekerjaan, masih adanya karyawan yang sulit beradaptasi dengan pekerjaan dan masih adanya karyawan yang suka mengawasi ruang gerak konsumen dalam memilih produk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Spiritualitas Terhadap Semangat Kerja Karyawan dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Budiman Swalayan di Kota Padang). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner. Jumlah sampel 40 responden yang merupakan karyawan Budiman Swalayan Sawahan Kota Padang dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Spiritualitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap semangat kerja karyawan, Hal ini disebabkan karena karyawan yang tidak mau menanggung resiko bila terjadi kesalahan dalam lingkungan pekerjaan. Budaya Organisasi memoderasi hubungan antara spiritualitas terhadap semangat kerja karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spiritualitas berpengaruh positif terhadap semangat kerja karyawan yang dimoderasi oleh budaya organisasi, hal ini terlihat jelas bahwasanya dengan dikelolanya budaya organisasi dengan baik maka akan berpengaruh dan menjadi pendorong bagi karyawan untuk berperilaku positif dan produktif. Oleh karena itu budaya organisasi adalah variabel moderating dalam penelitian ini. Artinya, variabel budaya organisasi dapat memperkuat hubungan antara spiritualitas terhadap semangat kerja karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Spiritualitas, Semangat Kerja Karyawan, Budaya Organisasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:46
Last Modified: 08 Sep 2023 03:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13370

Actions (login required)

View Item View Item