FUNGSI PENGAWASAN BADAN PEMUSYAWARATAN DESA TERHADAP PENGALOKASIAN DANA DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA PERSPEKTIF SIYASAH IDARIYAH (Studi Kasus Nagari Sungai Batuang Kec. Kamang Baru Kab. Sijunjung)

Aisyah Amini, Putri (2023) FUNGSI PENGAWASAN BADAN PEMUSYAWARATAN DESA TERHADAP PENGALOKASIAN DANA DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA PERSPEKTIF SIYASAH IDARIYAH (Studi Kasus Nagari Sungai Batuang Kec. Kamang Baru Kab. Sijunjung). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (COVER, ABSTRAK DAN PENGESAHAN)
PUTRI AISYAH AMINI NIM. 1713040198 COVER, dll.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
PUTRI AISYAH AMINI NIM. 1713040198 BAB I.pdf - Published Version

Download (811kB)
[img] Text (BAB III)
PUTRI AISYAH AMINI NIM. 1713040198 BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
PUTRI AISYAH AMINI NIM. 1713040198 BAB 5 DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (643kB)
[img] Text (FULL TEXT)
PUTRI AISYAH AMINI NIM 1713040198 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Permasalahan pada skripsi ini adalah belum terlaksananya dengan baik fungsi badan pemusyawaratan desa dalam mengawasi pengalokasian dana desa di Nagari Sungai Batuang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana fungsi pengawasan badan pemusyawaratan desa terhadap pengalokasian dana desa berdasrakan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa perspektif siyasah idariyah (studi kasus Nagari Sungai Batuang, Kec. Kamang Baru, Kab. Sijunjung). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengawasan badan pemusyawaratan desa terhadap pengalokasian dana desa, dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat badan pemusyawaratan desa dalam mengawasi pengalokasian dana desa, serta untuk mengetahui bagaimana tinjauan siyasah idariyah terhadap fungsi pengawasan badan pemusyawaratan dalam mengawasi pengalokasian dana desa di Nagari Sungai Batuang. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah studi lapangan (field research) yaitu penelitian langsung yang dilakukan kelapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi pengawasan badan pemusyawaratan desa terhadapa pengalokasian dana desa di Nagari Sungai Batuang belum dilakukan dengan baik. Pengawasan yang dilakukan oleh badan pemusyawaratan desa berupa pengawasan langsung dan tidak langsung, sedangkan faktor pendukung dan penghambat pengawasan badan pemusyawaratan desa terhadap pengalokasian dana desa, foktor pendukung sarana badan pemusyawaratan desa, hubungan kerjasama yang baik dengan pemerintah nagari Sungai Batuang, foktor penghambat, partisipasi masyarakat yang kurang, pendanaan dan sumber daya manusia. Kata Kunci: peraturan daerah, badan pemusyawaran nagari dan siyasah idariyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peraturan daerah, badan pemusyawaran nagari dan siyasah idariyah
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Pengadilan Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Ketatanegaraan Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:43
Last Modified: 25 Sep 2023 06:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13328

Actions (login required)

View Item View Item