Peran Ganda Istri Petani Dalam Mencari Nafkah dan Mengurus Rumah Tangga Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus di Korong Padang Madung, Nagari III Koto Aur Malintang Selatan, Kecamatan IV Koto Aur Malintang)

Enisa, Siti (2023) Peran Ganda Istri Petani Dalam Mencari Nafkah dan Mengurus Rumah Tangga Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus di Korong Padang Madung, Nagari III Koto Aur Malintang Selatan, Kecamatan IV Koto Aur Malintang). Skripsi thesis, Fakultas Syariah.

[img] Text (Cover, Abstrak, Persetujuan, Pengesahan)
Cover, abstrak, persetujuan pembimbing, pengesahan, Siti Enisa.pdf - Published Version

Download (870kB)
[img] Text (BAB II)
BAB I Siti Enisa.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Siti Enisa.pdf - Published Version

Download (685kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka Siti Enisa.pdf - Published Version

Download (618kB)
[img] Text (Full Teks)
Full Teks Siti Enisa.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Ganda Istri Petani Dalam Mencari Nafkah Dan Mengurus Rumah Tangga Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus di Korong Padang Madung, Nagari III Koto Aur Malintang Selatan, Kecamatan IV Koto Aur Malintang)”. Disusun oleh Siti Enisa NIM 1913010111, Program Studi Hukum Keluarga Fakultas Syariah, UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh istri yang bekerja sebagai buruh tani dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan keluarga atau sebagai pencari nafkah utama, hal ini disebabkan karena rendahnya pendapatan suami dan suami yang tidak bekerja. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan peneliti: pertama, apa saja faktor yang menyebabkan istri petani melakukan peran ganda di Korong Padang Madung Kenagarian III Koto Aur Malintang Selatan. Kedua, bagaimana pelaksanaan kewajiban istri petani yang berperan ganda sebagai ibu rumah tangga sekaligus pencari nafkah di Korong Padang Madung Kenagarian III Koto Aur Malintang Selatan. Ketiga, bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap peran istri yang bekerja mencari nafkah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi di Korong Padang Madung, Nagari III Koto Aur Malintang Selatan. data sekunder diperoleh peneliti dari kajian pustaka, terdiri dari dokumen, buku- buku, dan jurnal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi terjadinya peran ganda istri petani dalam keluarga di Korong Padang Madung Nagarian III Koto Aur Malintang Selatan yaitu faktor ekonomi, faktor suami yang pengangguran, faktor suami tidak menjalankan hukum agama dalam berkeluarga, dan faktor pendidikan. Pelaksanaan peran ganda istri petani yang ikut serta bekerja mencari nafkah, sebelum berangkat bekerja mereka berusaha sejauh mungkin memenuhi kewajibannya sebagai ibu rumah tangga, namun terjadi pengeluhan yang dirasakan oleh istri terhadap suami ketika mereka sudah lelah bekerja, dan kurang optimalnya peran yang dijalankanya seperti dalam hal merawat anak mereka, Mengenai istri pencari nafkah di Korong Padang Madung Nagari III Koto Aur Malintang Selatan, Hukum Islam tidak melarang bagi seorang istri yang ingin bekerja untuk mencari nafkah, selama cara yang ditempuh tidak melenceng dari syariat Islam, akan tetapi istri tidak boleh melalaikan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Ganda, Istri, Nafkah Keluarga, Hukum Islam. Peran Ganda, Istri, Nafkah Keluarga, Hukum Islam.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:20
Last Modified: 08 Sep 2023 03:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13290

Actions (login required)

View Item View Item