Sistem Derep Panen Padi pada Masyarakat Nagari Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok Perspektif Mashlahah

Anisa, Wahyu (2023) Sistem Derep Panen Padi pada Masyarakat Nagari Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok Perspektif Mashlahah. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
COVER-DAFTAR ISI_WAHYU ANISA_1913040150.pdf - Published Version

Download (976kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_WAHYU ANISA_1913040150.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II_WAHYU ANISA_1913040150.pdf - Published Version

Download (734kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_WAHYU ANISA_1913040150.pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_WAHYU ANISA_1913040150.pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA_WAHYU ANISA_1913040150.pdf - Updated Version

Download (380kB)
[img] Text (FULLTEXT_WAHYU ANISA)
FULL TEXT_WAHYU ANISA_1913040150 (1).pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ Sistem Derep Panen Padi pada Masyarakat Desa Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok Perspektif Mashlahah”, Penulis: Wahyu Anisa. NIM. 1913040150 Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh bagaimana cara kerja buruh tani dalam panen padi masyarakat Desa Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini ada dua. Pertama, Bagaimana sistem derep panen padi pada masyarakat Desa Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Kedua, Bagaimana perspektif mashlahah terhadap sistem derep panen padi pada masyarakat Desa Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sistem derep panen padi pada masyarakat Desa Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok dan untuk mengetahui perspektif mashlahah terhadap sistem derep panen padi yang dilaksanakan masyarakat Desa Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaaten Solok. Metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer terdiri dari 3 orang pemilik sawah, 1 orang Jorong Nagari dan 6 orang buruh tani, sumber data sekunder terdiri dari data pustaka yang berkaitan dengan upah buruh tani. Adapun data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan selanjutnya dianalisis untuk mencari kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan didapati gambaran praktek sistem derep panen padi pada masyarakat desa Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Jika dilihat dari perspektif mashlahah dapat disimpulkan bahwa sistem derep panen padi pada masyarakat desa Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok tidak sesuai dengan prinsip mashlahah karena adanya buruh tani merasakan ketidakadilan dalam pemberian upah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:27
Last Modified: 08 Sep 2023 04:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13285

Actions (login required)

View Item View Item