Persepsi Anggota Mengenai Tipe Kepemimpinan Laissez Faire Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Dan Studi Islam Ulul Albab Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Aqsha, Muhammad (2023) Persepsi Anggota Mengenai Tipe Kepemimpinan Laissez Faire Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Dan Studi Islam Ulul Albab Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover)
Cover Aqsha.pdf - Published Version

Download (915kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (BAB V DAFTAR PUSTAKA)
BAB V Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Fulltext)
Aqsha Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya UKM di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang yang menerapkan beragam tipe kepemimpinan. Salah satunya adalah UKM KSI-UA sebagai satu-satunya Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang Dakwah di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana persepsi anggota terhadap gaya kepemimpinan Laissez Faire Ketua UKM KSI-UA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu menggunakan teknik purposive Sampling. Subjek penelitian terdiri dari 5 subjek, dengan rincian 3 subjek primer yaitu anggota UKM KSI-UA dan 2 subjek sekunder yaitu Ketua dan Sekretaris UKM-KSI-UA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga anggota UKM KSI-UA mempersepsikan pimpinan di UKM KSI-UA dari dimensi pengambilan keputusan sebagai pimpinan yang bertanggung jawab serta memberikan kebebasan berpendapat pada anggota UKM KSI-UA. Pada dimensi cara pelaksanaan kegiatan anggota mempersepsikan pimpinan bertanggung jawab dalam tugas yang mereka jalankan dan bersedia membantu anggota yang membutuhkan bantuan mereka dan pada dimensi pemberian tugas pimpinan mampu mengkoordinir anggota dan pimpinan agar koordinasi berjalan baik serta pada dimensi pemberian penghargaan ada beberapa reward yang diberikan pimpinan kepada anggota baik berupa lisan yakni pujian, maupun berupa penghargaan seperti piagam, sertifikat dan flyer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Laissez faire, Persepsi, Kepemimpinan
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:33
Last Modified: 26 Sep 2023 01:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13279

Actions (login required)

View Item View Item