Peran Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Tuah Sakato Dalam Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Netra Melalui Keterampilan Massage Shiatsu Kota Padang

Yandra, Aida (2023) Peran Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Tuah Sakato Dalam Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Netra Melalui Keterampilan Massage Shiatsu Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf

Download (480kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Skripsi Aida New.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Panti Sosial Bina Netra (Psbn) Tuah Sakato Dalam Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Netra melalui Keterampilan Massage Shiatsu Kota Padang”. Disusun oleh Aida Yandra NIM 1912040006 pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bagaimana penyandang disabilitas netra dapat memperoleh keahlian dan keterampilan sehingga mereka mampu mandiri dalam mensejahterakan hidupnya. Penyandang disabilitas netra sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat, sehingga sulit bagi mereka untuk mendapat penghidupan yang layak dan pekerjaan. Penyandang disabilitas netra juga memiliki hak dan kewajiban yang sama di muka bumi ini, sebagai bagian dari masyarakat sudah seharusnya mendapatkan perlakuan yang baik dan mendapatkan akses serta kontrol sosial agar tidak terjadi diskriminasi serta berbagai pelanggaran mengenai hak asasi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis peran fasilitator PSBN Tuah Sakato dalam pemberdayaan disabilitas netra melalui keterampilan massage shiatsu (2) mendeskripsikan peran broker PSBN Tuah Sakato dalam pemberdayaan disabilitas netra melalui keterampilan massage shiatsu. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran Fasilitator Panti Sosial Bina Netra Padang secara keseluruhan dapat dikatakan optimal dalam pemberdayaan disabilitas netra melalui berbagai pelayanan kebutuhan sehari-hari seperti memberikan fasilitas khusus dan saranan prasarana yang dibutuhkan yang menciptakan program-program rehabilitasi sosial, menyusun program pelatihan dan keterampilan serta menyediakan kebutuhan penerima manfaat dalam toolkit untuk keterampilan massage shiatsu (2) Peran Mediator Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Tuah Sakato Padang secara pembangunan peningkatan kehidupan yang menghubungkan jasa penerima manfaat dalam memberikan kebutuhan layanan kepada klien, memperkenalkan jasa penerima manfaat dalam keterampilan massage shiatsu dan adanya kontrol kualitas dalam tindakan mendorong dan memberikan motivasi sebagai bekal kembali ke masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Penyandang Disabilitas Netra
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:19
Last Modified: 08 Sep 2023 08:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13271

Actions (login required)

View Item View Item