Preferensi Masyarakat Kecamatan Barumun Terhadap Pinjaman Bank Konvensional Dibandingkan Bank Syari'ah (Studi di Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas)

Siregar, Sri Wahyuni (2023) Preferensi Masyarakat Kecamatan Barumun Terhadap Pinjaman Bank Konvensional Dibandingkan Bank Syari'ah (Studi di Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (855kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (890kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (619kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (583kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

untuk mengetahui preferensi masyarakat dalam memilih melakukan pinjaman di bank konvensional dibandingkan bank syari'ah di Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara, untuk mengetahui kesesuaian praktek pembiayaan di bank syari'ah menurut fiqh muamalah. Berdasarkan cara mendapatkan data penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil jawaban dari pertanyaan yang muncul yaitu yang pertama, masyarakat lebih memilih melakukan pinjaman ke bank konvensional karena pandangan umum yang menganggap bahwa bank konvensional telah lebih mapan dan menganggap semua bank memiliki kesamaan dalam layanan pembiayaan, memulai proses pinjaman dari awal di bank konvensional dan memilih untuk tetap berada di bank tersebut, pengalaman dengan pegawai bank yang bersikap ramah dan memiliki kemampuan sosialisasi yang baik dalam berinteraksi dengan masyarakat dan masih ada masyarakat yang belum menyadari bahwa bank syari’ah juga menawarkan pinjaman yang setara dengan yang mereka gunakan saat ini. Kedua, berdasarkan analisis fiqh muamalah bahwa prinsip-prinsip muamalah sudah sesuai dengan yang ada pada bank syari’ah, tetapi masyarakat merasa sulit membedakan antara bank konvensional dengan bank syari’ah karena pembiayaan yang dilakukan oleh bank syari’ah hampir sama seperti bank konvensional. Sepertinya ketentuan bagi hasil pada bank syari’ah dan bunga pada bank konvensional dianggap sama oleh masyarkat. Pada bank syari’ah menggunakan prinsip jual beli dan bagi hasil sedangkan pada bank konvensional menggunkam pinjaman yang lebih dekat pada bunga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Preferensi,Bank Konvensional, Bank Syari'ah, Fiqh Muamalah
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Bank Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:48
Last Modified: 07 Sep 2023 06:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13213

Actions (login required)

View Item View Item