Toleransi Beragama Komunitas Muslim dan Non Muslim di Komplek Pemukiman PT. Agrowiratama Jorong Air Haji Nagari Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Wahyuni, Sri (2023) Toleransi Beragama Komunitas Muslim dan Non Muslim di Komplek Pemukiman PT. Agrowiratama Jorong Air Haji Nagari Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

[img] Text (Cover)
Sri Wahyuni_1915030020_Cover, dll.pdf - Published Version

Download (610kB)
[img] Text (Bab I)
Sri Wahyuni_1915030020_BAB I.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Bab III)
Sri Wahyuni_1915030020_BAB III.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (Bab V)
Sri Wahyuni_1915030020_BAB V.pdf - Published Version

Download (736kB)
[img] Text (Fulltext)
Sri Wahyuni_1915030020_Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa meski warga komplek pemukiman PT. Agrowiratama beragam dalam hal agama, tetapi harmoni dalam relasi sosial. Dengan keragaman itu masyarakat saling berusaha agar tetap hidup rukun, hak-hak beragama mereka diakui, direpresentasikan, dan direstribusikan dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus (cases study) terkait dengan strategi pengelolaan keragaman agama sehingga terjadi harmoni sosial di komplek pemukiman PT. Agrowiratama yang dilihat dari bentuk rekognisi, representasi dan redistribusi. Informan ditetapkan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari Bosa Adat Air Haji, Manager Humas dan Karyawan PT. Agrowiratama, Guru Kristen dan Guru PAI serta beberapa anggota masyarakat di PT. Agrowiratama. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk mendapatkan data. Setelah data dikumpulkan, maka dianalisis menggunakan analisis Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, bentuk rekognisi (pengakuan) yaitu diakuinya pemeluk Katolik dan Kristen beribadah sesuai keyakinannya. Kedua, bentuk representasi yang terjadi ialah pemeluk Katolik dan Kristen diizinkan untuk beribadah sementara disebuah Barak. Ketiga, bentuk redistribusi yang berlangsung dalam masyarakat yaitu bantuan dari pemerintah dan pihak lain yang diberikan kepada PT. Agrowiratama dibagi sama rata tanpa ada diskriminasi dari latar belakang suku dan agama. Bantuan tersebut berupa sembako, PKH, minyak goreng dan pembagian hewan kurban kepada karyawan dan masyarakat sekitar perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Toleransi Beragama, Strategi Pengelolaan Keragaman, Interaksi Sosial.
Subjects: U Umum (General) > Agama
Agama Islam > Akhlak
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam
U Umum (General) > Agama > Hubungan Antar Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 28 Sep 2023 13:45
Last Modified: 28 Sep 2023 13:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13207

Actions (login required)

View Item View Item