Strategi Mengelola Rumah Tahfidz Al-Qur'an Darul Syakur di Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Mitra Ummat Madani (LAZIS MUM) Kota Padang

Salwa, Amika (2023) Strategi Mengelola Rumah Tahfidz Al-Qur'an Darul Syakur di Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Mitra Ummat Madani (LAZIS MUM) Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Amika Salwa-1912030070-MD-Cover Dll.pdf - Published Version

Download (532kB)
[img] Text (Bab 1)
Amika Salwa-1912030070-MD-BAB I.pdf - Published Version

Download (503kB)
[img] Text (Bab 3)
Amika Salwa-1912030070-MD-BAB III.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (Bab 5 dan Daftar Pustaka)
Amika Salwa-1912030070-MD-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Amika Salwa-1912030070-MD-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

​Skripsi ini disusun oleh : Amika Salwa, NIM 1912010070 dengan judul “Strategi Mengelola Rumah Tahfidz Al-Qur’an Darul Syakur Di Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Mitra Ummat Madani (LAZIS MUM) Kota Padang”. Program studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. ​ Latar belakang permasalahan yaitu ada 8 rumah tahfidz dengan total santri 400 orang serta 12 orang ustadz dan ustadzah. Semua kegiatan pembelajaran santri rumah tahfidz Darul Syakur LAZIS MUM berjalan secara terstruktur dan terkelola dengan baik. Rumah tahfidz Darul Syakur LAZIS MUM tidak jauh berbeda dengan rumah tahfidz lainnya di Kota Padang, namun hal yang menarik di antara banyaknya rumah tahfidz yang ada adalah rumah tahfidz Darul Syakur LAZIS MUM Kota Padang yang memiliki peminat cukup banyak, hingga sudah ada 8 cabang di Kota Padang. Jika dilihat dari luar, penampilan dan keadaan rumah tahfidz Darul Syakur ini biasa saja, bahkan banyak rumah tahfidz yang lebih bagus dari rumah tahfidz Darul Syakur LAZIS MUM. Ini merupakan prestasi dan keberhasilan yang harus selalu dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi, karena selain memberikan dampak positif yang luar biasa, ini tentunya juga ladang amal bagi umat muslim khususnya para donator. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana mengelola visi, mengelola sumber daya dan mengarahkan aktivitas di rumah tahfidz Al-Qur’an Darul Syakur LAZIS MUM Kota Padang. ​Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi yang dilakukan oleh peneliti di lapangan, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu sumber primer dan sekunder. ​ Hasil dari penelitian (1) Strategi yang dilakukan dalam mengelola visi di rumah tahfidz Darul Syakur LAZIS MUM telah sesuai dengan teori yang ada dimulai dengan agenda rapat bersama dalam penyusunan Visi Misi dan program kerja yang akan dilakukan di rumah tahfidz Darul Syakur LAZIS MUM. (2) Mengelola sumber daya di rumah tahfidz Darul Syakur LAZIS MUM merupakan hal penting yang perlu dilakukan karena yang dikelola adalah sumber daya sehingga pengelolanya harus terkelola dengan baik. (3) Proses pengarahan yang dilakukan di rumah tahfidz Darul Syakur LAZIS MUM adalah dengan memberikan pengarahan secara berkala dan terus menerus, hal ini telah dilakukan secara terus menerus dan berjenjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Mengelola, Rumah Tahfidz
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:41
Last Modified: 07 Sep 2023 07:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13206

Actions (login required)

View Item View Item