PELAKSANAAN APLIKASI EASYCASH DALAM PERSPEKTIF AL-QARDH (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS SYARI’AH UIN IMAM BONJOL PADANG)

Rambe, Usril (2023) PELAKSANAAN APLIKASI EASYCASH DALAM PERSPEKTIF AL-QARDH (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS SYARI’AH UIN IMAM BONJOL PADANG). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Usril Rambe Nim 1913040196 Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, kata pengantar, Daftar isi.pdf - Published Version

Download (831kB)
[img] Text (BAB 1)
Usril Rambe Nim 1913040196 BAB 1.pdf - Published Version

Download (936kB)
[img] Text (BAB 3)
Usril Rambe Nim 1913040196 BAB 3.pdf - Published Version

Download (924kB)
[img] Text (BAB 5)
Usril Rambe Nim 1913040196 BAB 5.pdf - Published Version

Download (698kB)
[img] Text (Fulltext)
Usril Rambe Nim 1913040196 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya iklan aplikasi Easycash di media sosial. Di iklan tersebut aplikasi Easycash menyebutkan bunga yang diperoleh setiap peminjaman 0,01-0,04%. Disaat peminjaman tidak dinyatakan bunga yang diperoleh ketika keterlambatan pembayaran pinjaman, dan pinjaman uang tidak seimbang atau terlalu besar uang yang dikembalikan kepada aplikasi Easycash. Hal ini menimbulkan keresahan bagi para pengguna aplikasi Easycash. Berdasarkan latar belakang di atas muncul dua pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan aplikasi Easycash di kalangan mahasiswa Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang? 2) Bagaimana tinjauan Al-Qardh terhadap pelaksanaan aplikasi Easycash di kalangan mahasiswa Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang? Untuk menjawab persoalan tersebut digunakan jenis penelitian lapangan dengan informan mahasiswa Fakultas Syari’ah UIN Imam Bonjol Padang sebagai pengguna aplikasi Easycash. Informan ini dipilih dengan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari data yang dianalisis diperoleh temuan penelitian sebagai berikut: pertama, pelaksanaan peminjaman uang diberikan oleh aplikasi Easycash secara online. Aplikasi Easycash membuat iklan melalui media sosial seperti, you tube dan website. Aplikasi Easycash menyebutkan bahwa bunga pinjaman rendah (0,01-0,04%) dan tidak ada biaya tambahan bunga perharinya jika telat pembayaran. Sedangkan dalam pelaksanaannya saat melakukan peminjaman di aplikasi Easycash tidak sesuai dengan apa yang diiklankan atau yang disebutkan oleh aplikasi Easycash tersebut. Saat melakukan peminjaman ada beberapa langkah yang harus dipenuhi yaitu pendaftaran, persyaratan dan pengajuan peminjaman. Kedua, tinjauan Al-Qardh terhadap pelaksanaan pinjaman-meminjam yang dilakukan oleh aplikasi Easycash tidak sejalan dengan al-qardh karena sudah mengandung unsur gharar dan haram. Hal ini disebabkan pihak aplikasi Easycash menetapkan adanya biaya tambahan, dan menetapkan bunga perharinya jika telat membayar yaitu 1,2% per hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Aplikasi Easycash, Al-Qardh
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:25
Last Modified: 22 Sep 2023 07:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13183

Actions (login required)

View Item View Item