Difference In Differences (DID) pada Pendapatan Masyarakat terhadap Keberadaan Wisata Halal di Kawasan Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan

Fitri, Dewi Okrama (2023) Difference In Differences (DID) pada Pendapatan Masyarakat terhadap Keberadaan Wisata Halal di Kawasan Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Koerisinilan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel dan Daftar Gambar)
Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Koerisinilan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel dan Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (1916010007).pdf - Published Version

Download (482kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (1916010007).pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (566kB)
[img] Text (Dewi Okrama Fitri _ 1916010007 _ Fulltext. pdf)
Dewi Okrama Fitri _ 1916010007 _ Fulltext.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keberadaan Masjid Terapung Samudera Ilahi Painan sebagai kawasan wisata halal terhadap pendapatan masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pelaku usaha di kawasan Masjid Terapung Samudera Ilahi sebagai kelompok treatment dan masyarakat pelaku usaha di Puncak Langkisau Painan sebagai kelompok control dengan jumlah sebanyak 191 pelaku usaha di kawasan Masjid Terapung Samudera Ilahi dan 80 pelaku usaha di Puncak Langkisau Painan, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 responden di kawasan Masjid Terapung Samudera Ilahi dan 44 responden di Puncak Langkisau Painan. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan Metode Differences in differences (DiD). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: adanya wisata halal di kawasan Masjid Terapung samudera Ilahi Carocok Painan memberikan dampak positif dan sinifikan 0,000 < 0,05 yang berarti adanya peningkatan pendapatan sebelum dan sesudah pada kelompok treatment maupun kelompok control. Masyarakat di kawasan Masjid Terapung samudera Ilahi memperoleh tingkat pendapatan lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat di kawasan Puncak Langkisau Painan setelah keberadaan wisata halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wisata Halal, DiD, Pendapatan
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:15
Last Modified: 22 Sep 2023 09:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13176

Actions (login required)

View Item View Item