Analisis Sistem Muzara'ah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Cabai (Studi Kasus Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Candung Kabupaten Agam

Hanafi, Irsyad (2023) Analisis Sistem Muzara'ah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Cabai (Studi Kasus Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Candung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Koerisinilan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel dan Daftar Gambar)
Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Koerisinilan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel dan Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (1916010144).pdf - Published Version

Download (766kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (1916010144).pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (627kB)
[img] Text (Irsyad Hanafi _ 1916010144 _ Fulltext. pdf)
Irsyad Hanafi _ 1916010144 _ Fulltext.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek akad Muzara’ah dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Nagari Canduang Koto Laweh. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Informan pada penelitian ini adalah petani pemilik lahan dan petani penggarap lahan dengan pemilik lahan yang terdiri dari 3 responden pemilik lahan dan 4 responden sebagai petani penggarap di Kenagarian Canduang Koto Laweh Kecamatan Candung Kabupaten Agam. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dapat berupa reduksi data, display data dan conclusing drawing. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: praktek akad Muzara’ah petani pemilik dan petani penggarap yaitu menggunakan praktek paroan sapaduo, paroan saparampek, dan paroan sapatigo. Praktek bagi hasil ini sudah sepenuhnya berperan dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Kenagarian Canduang Koto Laweh Kecamatan Candung Kabupaten Agam sebab antara petani pemilik lahan dan petani penggarap mengalami keuntungan dari kerjasama bagi hasil yang telah dilakukan oleh kedua belah pihak. Selain itu, tingkat kesejahteraan memiliki keberagaman baik dari petani pemilik lahan maupun dari petani penggarap lahan. Hal ini terbukti dari hasil penelitian bahwa petani pemilik lahan yang bernama Ibu Deswati tergolong tingkat kesejahteraan II, Bapak Firdaus dan Ibu Wismar tergolong tingkat kesejahteraan III. Sedangkan petani penggarap lahan yang bernama Bapak Intan Adi dan Bapak Rahmat Dipraja tergolong tingkat kesejahteraan III. Namun untuk Bapak Ali Ibrar dan Bapak Sidi Malano tergolong tingkat kesejahteraan II. Adanya perbedaan tingkat kesejahteraan antara sesama petani pemilik lahan dan petani penggarap lahan disebabkan karena tingkat perbedaan harga penjualan cabai, pendapatan, pengeluaran dan perubahan harta yang dimiliki oleh petani tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bagi Hasil, Kesejahteraan.
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 27 Sep 2023 05:12
Last Modified: 27 Sep 2023 05:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13174

Actions (login required)

View Item View Item