Analisis Dampak Keberadaan Perusahaan Pertambangan Batu Bara Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Desa Tanjung Belit Kecamatan Jujuhan Kabuapten Bungo

Saputra, Roza (2023) Analisis Dampak Keberadaan Perusahaan Pertambangan Batu Bara Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Desa Tanjung Belit Kecamatan Jujuhan Kabuapten Bungo. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (BAB I)
BAB I Roza Saputra 1916010135.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Roza Saputra 1916010135.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA Roza Saputra 1916010135.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (COVER DAN LAIN-LAIN)
Cover dll (1916010135).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Roza Saputra _ 1916010135 _ Fulltext. pdf)
Roza Saputra _ 1916010135 _ Fulltext. pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan pertambangan tentusajamemberikandampakberkelanjutanberupadampaksosialekonomidanlingkungan. Memanfaatkan sumber daya alam dengan eksploitasi terhadap bahangalian padaumumnyadilakukantanpa mempertimbangkan keselamatan alam danlingkungan.Halinijugadisebabkankarnakepentinganekonomiyangtinggidibandingkandenganmeminimalisirkandampakyangakanterjadi.Aktivitaspertambangan yang tidak kelola dengan baik akan memberikan dampak terhadaptingkatpendidikan,jenispekerjaan,pendapatan,partisipasidalammasyarakat,kepemilikan, kesehatan, dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuibagaimana dampak kegiatan pertambangan batu bara terhadap kondisi sosial ekonomimasyarakat daerah Tanjung Belit Kecamatan JujuhanKabupaten Bungo. Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif.Sampelyangdigunakan dalam penelitia ini sebanyak 20 responden. Teknikanalisis data yangdigunakan pada penelitian ini yaitupengumpulandata,reduksi data, display data,verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertambanganbatu bara diDesa Tanjung Belit memberikandampak sosial danekonomi. Dilihatdarisegisosial,pertambanganBatuBaramembawadampaknegatifberupakebisingan,perubahanpolakehidupan,dantatanansosialmasyarakat,konflik,perubahanstatussoial, dampak positifnya seperti: peningkatan kualitas hidup dankepemilikan, mampu memenuhi kebutuhan masyarakatakanpendidikankesehatan,meningkatkanlapanganpekerjaan,danmenurunkanangkakriminalitassertameningkatkanetoskerjamasyarakat.Dilihatdarisegiekonomi,pertambanganmembawadampaknegativeberupaperalihanpekerjaanmasyarakat,danpengelolaan lahan dan produktifitas pertanian yang kurang diperhatikan. Sedangkandampakpositifseperti:munculnyapeluangusahabaru,peningkatanpendapatanmasyarakat,serta memberikan peluang kesempatan kerja bagi masyarakat sekitartambangdanmeningkatkanpembangunan desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak Pertambangan, Sosial Ekonomi Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 04 Sep 2023 08:53
Last Modified: 04 Sep 2023 08:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13161

Actions (login required)

View Item View Item