KUALITAS PELAYANAN PEMBATALAN PENDAFTARAN CALON JEMAAH HAJI REGULER DI PUSAT LAYANAN HAJI DAN UMROH TERPADU (PLHUT) KEMENTERIAN AGAMA KOTA PADANG

Destari, Virliana (0017) KUALITAS PELAYANAN PEMBATALAN PENDAFTARAN CALON JEMAAH HAJI REGULER DI PUSAT LAYANAN HAJI DAN UMROH TERPADU (PLHUT) KEMENTERIAN AGAMA KOTA PADANG. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover Dll)
VIRLIANA DESTARI_1912030073_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text (BAB I)
VIRLIANA DESTARI_1912030073_BAB I.pdf - Published Version

Download (507kB)
[img] Text (BAB III)
VIRLIANA DESTARI_1912030073_BAB III.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
VIRLIANA DESTARI_1912030073_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (Fulltext)
VIRLIANA DESTARI_1912030073_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kualitas Pelayanan Pembatalan Pendaftaran calon Jamaah Haji Reguler di Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) Kementerian Agama Kota Padang” yang disusun oleh Virliana Destari, Nim. 1912030073, Mahasiswa jurusan Manajemen Dakwah (MD), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya Jemaah yang melakukan pembatalan pendaftaran haji di Pusat Layanan Haji Dan Umroh (PLHUT) Kementerian Agama Kota Padang. Ditemukan bahwa Kualitas Pelayanan yang diberikan kepada Jamaah sudah baik, namun pembatalan pendaftaran calon Jemaah haji reguler di Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT ) Kementerian Agama Kota Padang ini masih ada. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelayanan secara tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap pembatalan pendaftaran calon Jemaah haji reguler di Pusat Layanan Haji Dan Umroh (PLHUT) Kementerian Agama Kota Padang. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif dipilih karena dianggap relevan untuk menganalisis, mendeskripsikan dan memperoleh terkait permasalahan yang terjadi di lapangan. Sumber data penelitian ini adalah Kasi PHU atau Pimpinan PLHUT Kemenag Kota Padang, staff yang mengurus pembatalan pendaftaran haji, dan beberapa calon Jemaah haji yang melakukan pembatalan pendaftaran haji sebagai sumber data primer. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan buku-buku. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan pembatalan pendaftaran calon jamaah haji reguler di Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) Kementerian Agama Kota Padang sudah dilakukan dengan baik. Dilihat dari dimensi tangible (bukti fisik) dalam pemberian pelayanan pembatalan pendaftaran haji sudah baik, namun perlu melengkapi sarana komunikasi umum di kantor PLHUT Kemenag Kota Padang. Dilihat dari dimensi reliability (kehandalan) dalam pemberian pelayanan pembatalan pendaftaran haji sudah baik, namun PLHUT Kemenag Kota Padang perlu memaksimalkan keahlian setiap pegawai atau staf dalam menggunakan alat bantu proses Pembatalan Pendaftaran haji. Dilihat dari dimensi responsivenes (ketanggapan) dalam pemberian pelayanan pembatalan pendaftaran haji sudah baik, namun standar waktu dalam memberikan pelayanan terhadap pembatalan pendaftaran calon Jemaah haji reguler masih perlu dimaksimalkan. Dilihat dari dimensi assurance (jaminan) dalam pemberian pelayanan sudah sangat baik, sehingga meningkatkan kepercayaan dan persepsi positif Jemaah terhadap PLHUT Kemenag Kota Padang. Dilihat dari dimensi empathy (empati) dalam pemberian pelayanan pembatalan pendaftaran haji sudah baik, namun perhatian terhadap Jemaah yang mengurus pembatalan pendaftaran perlu untuk dimaksimalkan di PLHUT Kemenag Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:09
Last Modified: 01 Sep 2023 08:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13122

Actions (login required)

View Item View Item