Manajemen Penyaluran Dana Zakat dalam Pelayanan Kesehatan Mustahik di Rumah Singgah Pasien Shelter Sehati Dompet Dhuafa Singgalang

Nengsih, Welma (2023) Manajemen Penyaluran Dana Zakat dalam Pelayanan Kesehatan Mustahik di Rumah Singgah Pasien Shelter Sehati Dompet Dhuafa Singgalang. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover)
Welma Nengsih_1912030077_ cover.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (BAB I)
Welma Nengsih_1912030077_ BAB I.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text (BAB III)
Welma Nengsih_1912030077_ BAB III.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (BAB V)
Welma Nengsih_1912030077_BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Fulltext)
Welma Nengsih_1912030077_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Manajemen Penyaluran Dana Zakat dalam Pelayanan Kesehatan Mustahik di Rumah Singgah Pasien Shelter Sehati Dompet Dhuafa Singgalang. Ditulis oleh Welma Nengsih NIM. 1912030077 Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penyaluran dana zakat yang dilakukan Dompet Dhufa Singgalang kepada Program Rumah Singgah Shelter Sehati, sebab dana yang disalurkan belum maksimal karena masih ada pasien yang tidak dapat memanfaatkan program Rumah Singgah disebabkan terbatasnya kuota dan fasilitas, serta program ini belum melakukan kerjasama dengan instansi lain. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan penyaluran di rumah singgah pasien shelter sehati. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif karena metode kualitatif ini lebih relevan untuk mendeskripsikan permasalahan yang ada dilapangan. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang dan beberapa staf Dompet Dhuafa Singgalang sebagai sumber primer, sedang untuk data sekunder diperoleh dari buku-buku dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara ,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukan bahwa perencanaan program Rumah Singgah telah merumuskan langkah-langkah sebuah perencanaan penyaluran, penetapan Visi misi, tujuan, program-program, jadwal pelayanan, prosedur penyaluran, dan anggrannya. Sedangkan pengorganisasian membentuk beberapa bagian seperti satu orang pengelola program untuk melaporkan keuangan program serta pencairan dana untuk program dan satu orang pendamping dengan tugas menghendel program rutin dan merekap laporan keuangan mingguan. Sementara penggerakan program berdasarkan proses-proses penggerakan tentang motivasi, bimbingan, kerjasama dengan staf dan komunikasi yang baik sehingga dapat melakukan pelayanan terhadap pasien shelter sehati di tahun 2022 dengan jumlah 110 pasien. Begitupun dengan pengawasan dilakukan secara langsung oleh Pimpinan Dompet Dhuafa Singgalang. Manajemen Penyaluran Zakat di Rumah Singgah Shelter Sehati berjalan sesuai dengan perencanaan, namun penyaluran di Rumah Singgah Shelter sehati masih terdapat beberapa kekurangan seperti kurangnya kerjasama dengan lembaga lain, kurangnya fasilitas Rumah Singgah terutama kamar, dan belum memiliki perencanaan jangka panjang, menengah atau jangka pendek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:02
Last Modified: 26 Sep 2023 02:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

View Item View Item