Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Pembiayaan Murabahah pada Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah Studi Kasus di Nagari Parik Kabupaten Pasaman Barat

Novera, Emi (2023) Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Pembiayaan Murabahah pada Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah Studi Kasus di Nagari Parik Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH : HUKUM EKONOMI SYARIAH.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, ABSTRAK, DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI_EMI NOVERA_1713030090.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_EMI NOVERA_1713030090.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_EMI NOVERA_1713030090.pdf - Published Version

Download (604kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA_EMI NOVERA_1713030090.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL TEXT_EMI NOVERA_1713030090.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembiayaan Permodalan NasionalMadani pada wanita yang kekurangan modal dalam usaha. Permodalan Nasional Madani ini berbasis syariah, namun menerapkan sistem bunga atau tambahan dalam angsuranpembayaran. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah tinjauan hukum Islam tentangpelaksanaan pdmbiayaan murabahah pada Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah diNagari Parik Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat?. pertanyaan penelitianyaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan praktik pembiayaan di Permodalan Nasional MadaniMekaar Syariah di Nagari Parik Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat? (2) Bagaimana tinjauan fikih Muamalah terhadap peminjaman Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah?. Untuk menjawab persoalan tersebut, maka penulis melakukan penelitian lapangan (field reseach). Adapun teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, wawancara dan dokumentasi yang di analisis dengan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa. Pertama pelaksanaan praktik pembiayaan di Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah yaitu Permodalan Nasional Madani Mekaar syariah memberikan dana kepada masyarakat atau kaum ibu, dana ini diberikan kepada masyarakat dengan cara menyicil satu kali dalam seminggu selama satutahun, Permodalan Nasional Madani mekaar ini memberikan pembiayaan uang denganadanya potongan 5% dari jumlah hutang pokok dan margin 2,5%. K e d a . pandangan hukum Islam praktik pinjam meminjam yang ada pada Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah di Nagari Parik di bolehkan. Akad murabahah yang digunakan sesuai denganketentuan syariat yang ada karna sudah terpenuhi rukun dan syaratnya, hanya saja penambahan yang ada di dalam murabahah itu disebut dengan margin atau bagi hasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Murabahah, Margin, Riba
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
U Umum (General)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:58
Last Modified: 05 Oct 2023 03:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13101

Actions (login required)

View Item View Item