Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Wisata Alam Sungai Gulamo Di Desa Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar

Olivia, Febby (2023) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Wisata Alam Sungai Gulamo Di Desa Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover,dll)
Febby Olivia_1912040005_Cover dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Febby Olivia_1912040005_BAB I.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Text (BAB III)
Febby Olivia_1912040005_BAB III.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (BAB V)
Febby Olivia_1912040005_BAB V.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (Fulltext)
Febby Olivia_1912040005_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Wisata Alam Sungai Gulamo Di Desa Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar terdiri dari 71 halaman. Skripsi ini ditulis oleh Febby Olivia, NIM 1912040005 Mahasiswa Program Starata Satu (S1) Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilakukan fokus pada perekonomian masyarakat Desa Tanjung Alai. Berawal dari Kebutuhan masyarakat yang dulunya mencari keuntungan sebagai seorang petani, hingga memanfaatkan sumber daya alam yang di punyainya. Sumber daya alam ini dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat sebagai penghasilan ekonomi yang meningkat tiap tahunnya. Seperti dengan adanya Wisata Alam Sungai Gulamo yang dikelola oleh kelompok Pokdarwis Muagho Gulamo yang berasal dari masyarakat Desa Tanjung Alai. Wisata ini menjadi penunjang dari keseluruhan kehidupan kelompok dalam pemenuhan kesejahteraan dalam rumah tangga maupun lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses pemberdayaan dan peningkatan ekonomi yang dilalui oleh kelompok Pokdarwis Muagho Gulamo melalui wisata ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian adalah kelompok Pokdarwis Muagho Gulamo, masyarakat pedagang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan, metode purposive.Teknik pengolahan analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat proses pemberdayaan diantaranya: Pertama, Proses mengidentifikasi dan mengkaji potensi wilayah pemberdayaan, Wisata Alam Sungai Gulamo menjadi sumber potensi bagi masyarakat Desa Tanjung Alai. melalui potensi ini menjadi kemajuan bagi masyarakat, sehingga wisata ini tetap berkembang hingga saat ini. wisata ini sebagai bentuk pemberdayaan bagi masyarakat, karena dengan adanya wisata dapat membantu pemenuhan kebetuhan masyarakat. Kedua, proses menerapkan kegiatan kelompok, kegiatan yang dilakukan ialah dengan membentuk kelompok sebagai salah satu rencana sebagai pengelola Wisata Alam Sungai Gulamo. Kelompok ini diberi nama dengan Pokdarwis Muagho Gulamo, kelompok ini dibentuk dengan 30 orang yang termasuk diantaranya masyarakat Desa Tanjung Alai. Kelompok ini sebagai rencana dalam proses pemberdayaan. Selanjutnya membentuk media sosial oleh kelompok, media sosial yang digunakan oleh kelompok seperti media Instagram, dan Facebook sebagai bentuk informasi bagi pengunjung. Ketiga, Memantau proses dan hasil kegiatan pemberdayaan, Kepala Desa menjadi orang yang memantau dan melihat perkembangan kelompok, inilah yang dilakukan Kepala Desa sebagai bentuk dalam membantu kelompok untuk bisa mempertahankan potensi yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Perekonomian, Wisata
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:28
Last Modified: 01 Sep 2023 08:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13093

Actions (login required)

View Item View Item