Kesadaran Hukum Pedagang Kaki Lima di Atas Trotoar Pantai Purus Kota Padang Terhadap Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat

Murti, Afifah Indah Tiara (2023) Kesadaran Hukum Pedagang Kaki Lima di Atas Trotoar Pantai Purus Kota Padang Terhadap Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH : HUKUM EKONOMI SYARIAH.

[img] Text (COVER)
COVER, PEGESAHA, PERSETUJUA PEMBIMBIG, DLL.pdf - Published Version

Download (968kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1 afifah.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (727kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (580kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_1-5 afifah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini di latar belakangi oleh Pedagang Kaki Lima di pantai purus Kota Padang yang mengalih fungsi trotoar sebagai tempat usaha. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian dalam hal ini adalah: Pertama, Apa Faktor Penyebab Pedagang Kaki Lima Berjualan di atas trotoar pantai purus kota Padang? Kedua, Bagaimana Pandangan Pemerintah Daerah dan Pengawasan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padang terhadap Pedagang Kaki Lima? Ketiga, Bagaimana Kesadaran Hukum Pedagang Kaki Lima di Pantai Purus Kota Padang terhadap Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis melakukan penelitian lapangan kepada Pedagang Kaki Lima, Pemerintah Daerah dan Satpol PP Kota Padang sebagai informan penelitian. Dalam memilih informan penelitian penulis menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang penulis gunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat penulis simpulkan bahwa, faktor penyebab Pedagang Kaki Lima berjualan di pantai purus Kota Padang yaitu, faktor ekonomi hal itu dapat dilihat pedagang kaki lima telah membangun tempat usaha di trotoar pantai purus pada tempat yang tidak diperuntukkan untuk berjualan. Sosialisasi dan pengawasan yang dilaksanakan oleh instansi terkait seperti Pemerintah Daerah dan Satpol PP sudah dilaksanakan dengan baik, hal itu dapat dilihat Satuan Polisi Pamong Praja melakukan razia setiap hari. Analisis kesadaran hukum Pedagang Kaki Lima di pantai purus Kota Padang menunjukkan bahwa tingkat kesadaran mereka rendah. Hal itu dapat dilihat tidak terpenuhinya indikator kesadaran hukum yakni pemahaman hukum dan perilaku hukum, hal itu dapat dilihat pada tingkah laku Pedagang Kaki Lima ketika ditertibkan oleh Satpol PP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesadaran Hukum, Pedagang Kaki Lima, Trotoar Pantai Purus
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:46
Last Modified: 26 Sep 2023 02:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13092

Actions (login required)

View Item View Item