TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN UPAH PEKERJA HARIAN LEPAS (Studi Kasus PT Agro Muko Kecamatan Air Dikit Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu)

Elvini, vini (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN UPAH PEKERJA HARIAN LEPAS (Studi Kasus PT Agro Muko Kecamatan Air Dikit Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu). Skripsi thesis, fakultas syariah.

[img] Text (cover, pengesahan, persetujuan pembimbing, abstrak, daftar isi)
cover, pengesahan, persetujuan, kata pengantar, daftar isi...pdf - Published Version

Download (788kB)
[img] Text (Bab 1 Elvini)
BAB I.pdf - Published Version

Download (772kB)
[img] Text (bab III Elvini)
BAB III.pdf - Published Version

Download (623kB)
[img] Text (bab V Elvini)
BAB V.pdf - Published Version

Download (572kB)
[img] Text (full teks skripsi Elvini)
SKRIPSI VINI FULL TIME bismillah. 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul:Tinjauan Hukum Islam terhadap Pelaksanaan Upah Pekerja Harian Lepas (Studi Kasus PT Agro Kecamatan Air Dikit Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu), ditulis oleh: Elvini NIM 1913040004, Prodi Hukum Ekonomi Syariah UIN Iman Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh kasus yang terjadi di PT Agro Muko dalam melakukan praktek pembayaran upah pekerja harian lepas yang tidak berdasarkan kesepakatan dan tidak ada kejelasan tentang adanya pemotongan-pemotongan upah yang dilakukan PT Agro Muko. Berdasarkan latar belakang di atas pertanyaan penelitian ada dua, yakni: (1) Bagaimana sistem penetapan upah pekerja harian lepas PT Agro Muko? (2) Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap pemberian upah pekerja harian lepas PT Agro Muko? Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer yang bersumber dari informan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Data sekunder bersumber dari buku-buku, jurnal, dan skripsi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Penelitian menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Sistem penetapan upah di PT Agro Muko berdasarkan polybag, dalam sehari pekerja harian lepas harus mengisi polybag sebanyak 130 buah dan dihargai sebesar Rp 90.000. Pekerja harian lepas bekerja hanya dari Senin sampai Jum’at jadi dalam sebulan pekerja harian lepas hanya bekerja maksimal dua puluh hari dalam sebulan. Jika dihitung-hitung pekerja harian lepas (PHL) mendapat upah sebesar Rp1.800.000 perbulan tetapi upah yang diterima Rp1.500.000 perbulan. Upah yang diberikan sejumlah Rp1.500.000 sudah dipotong untuk jaminan kesehatan dan ongkos mobil. Sistem pemberian upah diberikan dalam sebulan sekali melalui transfer ke rekening pekerja harian tersebut. (2) Ditinjau dari Hukum Islam praktek pemberian upah PT Agro Muko terhadap pekerja harian lepas tidak sah karena adanya syarat dari ijarah yang belum terpenuhi, seperti kejelasan terhadap pemotongan upah, dan masih sering terjadinya keterlambatan dalam pemberian upah. Kata kunci: Pekerja, Hukum Islam, Ijarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pekerja, hukum islam. ijarah
Subjects: Agama Islam
D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 31 Aug 2023 08:01
Last Modified: 31 Aug 2023 08:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13077

Actions (login required)

View Item View Item