Penggunaan Buku Bajakan Di Kalangan Mahasiswa Prespektif Undang-Undang No 28 Tahun 2014 Tentang Pelanggaran Hak Cipta dan Hukum Islam (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang)

Wiayu, Asih Sri (2023) Penggunaan Buku Bajakan Di Kalangan Mahasiswa Prespektif Undang-Undang No 28 Tahun 2014 Tentang Pelanggaran Hak Cipta dan Hukum Islam (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing)
Cover, abstrak, pengesahan, persetujuan pembimbing.pdf - Published Version

Download (907kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I Asih Sri Wiayu.pdf - Published Version

Download (793kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III Asih Sri Wiayu.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V dan Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI ASIH SRI WIAYU CETAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penggunaan Buku Bajakan di Kalangan Mahasiswa Prespektif Undang-Undang No 28 Tahun 2014 tentang Pelanggaran Hak Cipta dan Hukum Islam (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang)”. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa yang menggunakan buku bajakan, sedangkan mereka mengetahui menggunakan buku bajakan merupakan suatu perbuatan yang melanggar hak cipta seseorang. Akan tetapi masih banyak dari mahasiswa itu sendiri yang masih menggunakan buku bajakan. Berdasarkan latar belakang di atas muncul tiga pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaimana penggunaan buku bajakan di kalangan mahasiswa Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang prespektif Undang-Undang No 28 Tahun 2014 tentang pelanggaran hak cipta? 2) Faktor-faktor apakah yang melatarbelakangi mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang menggunakan buku bajakan? 3) Bagaimana Penggunaan Buku Bajakan di Kalangan Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang Prespektif Hukum Islam tentang Pelanggaran Hak Cipta? Untuk menjawab persoalan tersebut digunakan jenis penelitian Hukum Sosiologis empiris dengan mahasiswa Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang pengguna buku bajakan sebagai informan penelitian. Informan ini dipilih dengan teknik purposive sampling dengan teknik penggumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Temuan penelitian pertama, tinjauan UU No 28 Tahun 2014 tentang pelanggaran hak cipta terhadap penggunaan buku bajakan pada mahasiswa Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang tersebut merupakan perbuatan yang salah dan melanggar UU No 28 Tahun 2014 tentang pelangggaran hak cipta. Hal ini dikarenakan mahasiswa menggunakan buku bajakan yang mana didalam UU No 28 Tahun 2014 buku merupakan suatu karya cipta yang dilindungi dalam bidang ilmu pengetahuan. Kedua, Faktor-faktor yang melatarbelakangi mahasiswa Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang menggunakan buku bajakan yaitu : (1) Faktor ekonomi (2) Faktor tradisi (3) Faktor Kepribadian (4) Faktor kurangnya kesadaran akan hukum. Ketiga, tinjauan hukum Islam diterangkan dalam dalil Al-Quran yaitu: Q.s An-Nisa’: 29, Q.s Al-Syu’ara: 183 dan juga hadits Nabi menjelaskan bahwa larangan bagi umat Islam untuk tidak memakan harta sesama dengan jalan yang batil dan jangan pula merugikan manusia pada hak-haknya. Jadi penggunaan buku bajakan pada mahasiswa Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang itu merupakan perbuatan yang salah dalam Undang-Undang No 28 Tahun 2014 dan haram dalam hukum Islam. Kata Kunci: Buku Bajakan, Undang-Undang No 28 tahun 2014, Hukum Islam, Hak Cipta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Bajakan,Undang-Undang No 28 Tahun 2014, Hukum Islam,Hak Cipta
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:15
Last Modified: 31 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13063

Actions (login required)

View Item View Item