Jual Beli Bahan Bakar Minyak Jenis Pertamax Antara Pertamina dengan Pertashop Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus Nagari Maek, Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota).

Suryadi, Daga (2023) Jual Beli Bahan Bakar Minyak Jenis Pertamax Antara Pertamina dengan Pertashop Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus Nagari Maek, Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover)
File 1.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Full Text)
Skripisi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul "Jual Beli Bahan Bakar Minyak Jenis Pertamax Antara Pertamina Dengan Pertashop Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus Nagari Maek,Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota)" disusun oleh Daga Suryadi NIM 1913040113 Mahasiswa Pogram Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian dilatarbelakangi karena tidak sesuainya jumlah pesanan bahan bakar minyak jenis pertamax yang dipesan dengan yang datang di Pertashop. Terjadinya kekurangan bahan bakar minyak atau losses . Adapun pertanyaan penelitian: 1) Bagaimana pelaksanaan jual beli bahan bakar minyak jenis pertamax antara Pertamina dengan Pertashop di Nagari Maek? 2) Apa penyebab bahan bakar minyak jenis pertamax berkurang saat dibongkar di Pertashop di Nagari Maek? 3) Bagaimana tinjauan fikih muamalah terhadap jual beli bahan bakar minyak jenis pertamax antara Pertamina dengan Pertashop di Nagari Maek,? Untuk menjawabnya, penulis melakukan penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul diolah dan ditulis menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) Pelaksanaan jual beli bahan bakar minyak jenis pertamax antara Pertamina dengan Pertashop di Nagari Maek memakai sistem DO (delivery order) melalui aplikasi My Pertamina. Apabila DO berhasil, selanjutnya Pertashop membayarnya melalui ATM atau mobile banking atau teller bank yang mana akan datang setelah 2 atau 3 hari. Setelah bahan bakar minyak sampai di Pertashop maka disalin ke dalam tanki Pertashop. Selanjutnya pemilik Pertashop menandatangani nota pembelian. 2) Faktor penyebab bahan bakar minyak berkurang saat dibongkar di Pertashop adalah cuaca. 3) Tinjauan fikih muamalah terhadap jual beli bahan bakar minyak jenis pertamax antara Pertamina dengan Pertashop di Nagari Maek boleh dilakukan. Jual beli ini tidak terdapat unsur gharar di dalamnya, melainkan faktor alam yang mengakibatkan bahan bakar minyak berkurang saat diperiksa di tanki Pertashop. Selain itu losses bahan bakar minyak jenis pertamax masih dalam toleransinya sebagai sifat bahan bakar minyak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual beli, bahan bakar,pertamina, fikih muamalah
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:54
Last Modified: 31 Aug 2023 03:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13051

Actions (login required)

View Item View Item