Implementasi Fatwa DSN MUI No. 20/DSN-MUI/IV/2001 Tentang Sistem Pelaksanaan Produk Investasi Reksa Dana Syariah pada Aplikasi Online di Bibit

Yani, Indri (2023) Implementasi Fatwa DSN MUI No. 20/DSN-MUI/IV/2001 Tentang Sistem Pelaksanaan Produk Investasi Reksa Dana Syariah pada Aplikasi Online di Bibit. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH : HUKUM EKONOMI SYARIAH.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, ABSTRAK, DAFTAR ISI)
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN, Dll.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
12. BAB 1.pdf - Published Version

Download (808kB)
[img] Text (BAB III)
14. BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI INDRIYANI FULL 1913040073 HES.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Implementasi Fatwa DSN MUI NO.20/DSN-MUI/IV/2001 Tentang Sistem Pelaksanaan Produk Investasi Reksa Dana Syariah pada Aplikasi Online di Bibit" disusun oleh Indriyani NIM 1913040073 Mahasiswa Pogram Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya ketidak-jelasannya akad yang dipakai setiap produk investasi reksa dana syariah dalam aplikasi Bibit. Masalahnya adalah bentuk akad yang digunakan produk reksa dana belum dijelaskan dengan lengkap oleh manajer investasi. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian adalah: 1)Bagaimana mekanisme penggunaan produk investasi reksa dana syariah pada aplikasi online di Bibit?; 2)Bagaimana implementasi Fatwa DSN-MUI No.20/DSN-MUI/IV/2001 tentang sistem pelaksanaan produk investasi reksa dana syariah pada aplikasi online di BIBIT?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis melakukan penelitian pustaka (library research). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan Kajian Dokumentasi. Kemudian data terkumpul diolah dan ditulis menggunakan analisis kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpul-kan bahwa: 1)Mekanisme penggunaan produk investasi reksa dana syariah pada aplikasi Bibit diawali dengan pembuatan akun, kemudian melakukan order pembelian dan membayar order mengikuti prosedur. Keuntungan diperoleh dari hasil investasi yang dikelola oleh manajer investasi. Investor hanya menjual kembali produk yang dimilikinya melalui pasar bursa. Dalam prospektus, setiap produk memiliki perbedaan pada tujuan pengelolaan portofolio, komposisi investasi, tingkat resiko dan jumlah unit penyertaan yang ditawarkan. Norma berinvestasi berdasarkan Fatwa DSN-MUI hanya dijelaskan pada 4 jenis produk investasi; 2)Analisis sistem pelaksanaan produk investasi reksa dana syariah pada aplikasi Bibit ditinjau dari Fatwa DSN MUI NO. 20/DSN-MUI/IV/2001 sudah sesuai dengan Fatwa, namun akad mudharabah yang digunakan tidak dituliskan secara tertulis dengan jelas dalam isi prospektus setiap produk. Begitupun belum sesuai dengan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah pasal 21 (m), karena hanya akad wakalah saja yang dijelaskan, maka ketentuan pelaksanaan produk investasi tidak dapat dipahami dengan sempurna oleh investor, sehingga banyaknya risiko yang harus ditanggung pemegang unit penyertaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Investasi, Reksa Dana Syariah, Aplikasi Bibit
Subjects: U Umum (General)
U Umum (General) > Karya Umum
U Umum (General) > Karya Umum > Pengetahuan, Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:12
Last Modified: 31 Aug 2023 04:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13033

Actions (login required)

View Item View Item