Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Shin Ramyun melalui Kesadaran Halal sebagai Variabel Mediasi pada Mahasiswa di Kota Padang

Hinaldi, Yutiara (2023) Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Shin Ramyun melalui Kesadaran Halal sebagai Variabel Mediasi pada Mahasiswa di Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, dll)
file pertama campuran valid.pdf - Published Version

Download (961kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I Full.pdf - Published Version

Download (695kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III Full.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (Bab V-Dapus)
BAB V Full.pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text (Full text)
Full Text Yutiara Valid.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Islam sangat tegas dalam memerintahkan tentang kewajiban mengkomsumsi makanan halal, di Indonesia halalnya sebuah produk dapat dilihat dari adanya label halal yang menempel pada kemasan produk. Namun pada kenyataannya banyak produk yang tidak berlabelkan halal beredar dipasaran, dan masih banyak konsumen yang tidak sepenuhnya tahu apa saja hal-hal yang mempengaruhi kehalalan sebuah produk. Dengan perkembangan globalisasi, terdapat Salah satunya yaitu produk musytabihat yang berasal dari luar negeri yakni mie instan Shin Ramyun. Penelitian ini berjudul: “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Instan Shin Ramyun Melalui Kesadaran Halal Sebagai Variabel Mediasi Pada Mahasiswa Kota Padang” disusun oleh Yutiara Hinaldi, NIM 1916030019, Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimanakah Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Shin Ramyun Dengan Kesadaran Halal Sebagai Variabel Mediasi Pada Mahasiswa Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa di Kota Padang yang kuliah pada tiga universitas negeri (UIN, UNP, dan UNAND), dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang pernah membeli produk instan Shin Ramyun. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif statistik dengan pengolahan data menggunakan teknik analisis uji SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Labelisasi halal mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk mie instan Shin Ramyun pada mahasiswa di Kota Padang, 2. Labelisasi halal mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kesadaran halal produk mie instan Shin Ramyun pada mahasiswa di Kota Padang, 3. Kesadaran halal tidak mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk mie instan Shin Ramyun pada mahasiswa di Kota Padang, 4. Labelisasi halal melalui kesadaran halal sebagai variabel mediasi mempunyai pengaruh secara tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk mie instan Shin Ramyun melalui kesadaran halal sebagai variabel mediasi pada mahasiswa di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Labelisasi Halal, Kesadaran Halal, Keputusan Pembelian
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:00
Last Modified: 09 Oct 2023 04:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13016

Actions (login required)

View Item View Item