Pengaruh Tingkat Pengetahuan Produsen Dan Religiusitas Terhadap Pentingnya Sertifikasi Label Halal Produk UMKM Di Kecamatan Baso Kabupaten Agam

Vramadane, Nisach Dien (2023) Pengaruh Tingkat Pengetahuan Produsen Dan Religiusitas Terhadap Pentingnya Sertifikasi Label Halal Produk UMKM Di Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover skripsi)
Cover skrispi Nisach Dien Vramadane 1916010032 okey.pdf - Published Version

Download (602kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (BAB V- DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (Full Skripsi)
Full skrispi Nisach Dien Vramadane 1916010032 okey.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah produsen UMKM di Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah tingkat pengetahuan produsen berpengaruh terhadap pentingnya sertifikasi label halal pada produk UMKM di Kecamatan Baso Kabupaten Agam?, 2) Apakah religiusitas berpengaruh terhadap pentingnya sertifikasi label halal pada produk UMKM di Kecamatan Baso Kabupaten Agam?. Tujuan penelitian ini adalah: untuk membuktikan pengaruh tingkat pengetahuan produsen terhadap pentingnya sertifikasi label halal produk UMKM di Kecamatan Baso Kabupaten Agam dan untuk membuktikan pengaruh dan religiusitas terhadap pentingnya sertifikasi label halal produk UMKM di Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan data primer dan sekunder yang berasal dari 122 sampel dengan metode penentuan sampel yaitu menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan model SEM SMARTPLS 4.0. Jenis instrumen pengetahuan produsen dan religiusitas lebih meningkatkan sertifikasi label halal dalam produk UMKM di Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Hal ini bisa terjadi karena semakin tingginya pengetahuan produsen maka semakin tinggi pula tingkat sertifikasi label halal produk UMKM di Kecamatan Baso Kabuapten Agam. Dan hasil penelitian ini adalah bahwa pengetahuan produsen tidak berpengaruh signifikan terhadap sertifikasi label halal di Kecamatan Baso Kabupaten Agam dan religiusitas berpengaruh siginikan terhadap sertifikasi label halal di Kecamatan Baso Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan produsen, religiusitas, sertifikasi label halal
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:28
Last Modified: 25 Sep 2023 01:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12997

Actions (login required)

View Item View Item