Kerjasama Guru PAI dan Orang Tua Siswa Dalam Menanamkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Siswa SMP Negeri 5 Padang

Rahmatika Aulia, Rizta (2023) Kerjasama Guru PAI dan Orang Tua Siswa Dalam Menanamkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Siswa SMP Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (Rizta, 125. Cover, Abstrak, Pengesahan and Others)
File Cover and Other.pdf - Published Version

Download (955kB)
[img] Text (Rizta, 125. BAB I)
FILE BAB I.pdf - Published Version

Download (791kB)
[img] Text (BAB III)
FILE BAB III.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text (Rizta, 125. BAB V - Dapus)
FILE BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (516kB)
[img] Text (Rizta, 125. FILE FULL TEXT)
Skripsi Rahmatika Aulia Rizta Full OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kerjasama Guru PAI dan Orang Tua Siswa Dalam Menanamkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Siswa SMP Negeri 5 Padang, ditulis oleh Rahmatika Aulia Rizta NIM 1914010125. Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Skripsi ini dilatarbelakangi dengan kerjasama antara guru PAI khususnya dengan orang tua yang merupakan faktor krusial dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat terhadap siswa. Untuk mewujudkan misi tersebut tentu tidak bisa berjalan secara maksimal oleh satu pihak saja namun perlu adanya kerjasama kedua belah pihak dalam menjalankan perannya Disamping guru berfungsi memantau aktifitas anak di lingkungan sekolah maka orang tua pun juga berperan penting sebagai pusat pendidikan agama di lingkungan keluarga. Kerjasama yang terjalin dari kedua belah pihak bertujuan untuk membangun komunikasi dalam memonitoring perkembangan belajar, terutama kegiatan ibadah shalat siswa. Tujuan penulisan skripsi ini yaitu (1) untuk mengeksplorasi bentuk kerjasama guru PAI dan orang tua siswa dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat siswa SMPN 5 Padang (2) untuk memetakan metode yang digunakan guru PAI dan orang tua siswa dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat siswa SMPN 5 Padang (3) untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat siswa SMPN 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, orang tua siswa dan juga siswa serta sumber lain yang berkaitan dengan objek yang diteliti. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, bentuk kerjasama yang terjalin antara guru PAI dan orang tua melalui pertemuan guru dan orang tua pada hari penerimaan siswa baru, mengadakan surat menyurat antara sekolah dan orang tua, adanya daftar nilai setiap catur wulan atau semester dan buku sebagai penghubung antara pihak sekolah dan orang tua, mengadakan pertemuan orang tua dan guru, dan kunjungan guru ke rumah orang tua siswa (home visit). Kedua, metode yang digunakan dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat siswa melalui metode keteladanan, pembiasaan, pembinaan serta metode reward and punishment. Ketiga, faktor pendukung seperti keterlibatan orang tua di sekolah dan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung serta faktor penghambat seperti, orang tua kurang mengontrol shalat anak saat di rumah, sebagian orang belum bisa meluangkan waktu untuk menghadiri pertemuan, orang tua yang mementingkan pekerjaan dan abai dalam shalat anak dan orang tua yang minim dalam ilmu tentang shalat. Dengan demikian, penanaman kedisiplinan ibadah shalat siswa di SMPN 5 Padang terbilang terlaksana dengan baik dibuktikan dengan berbagai program keagamaan, salah satunya jurnal ibadah harian melalui buku agenda penguatan karakter siswa yang dicetus oleh kepala sekolah dan didukung oleh seluruh elemen warga sekolah serta orang tua siswa meski terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan tersebut, namun kekolaboratifan dan partisipasi antar pihak lebih mendominasi sehingga kekurangan yang ada dapat diminimalisir dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teacher and Parent Collaboration, Discipline, Prayer
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Ibadah
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Shalat Wajib
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 24 Sep 2023 01:00
Last Modified: 10 Oct 2023 02:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12992

Actions (login required)

View Item View Item