Pengaruh Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Prestasi Pendidikan Anak Tingkat SD Penerima PKH (Studi Kasus Perbandingan Anak Bukan Penerima PKH di Kenagarian Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok)

Fitria, Vela (2023) Pengaruh Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Prestasi Pendidikan Anak Tingkat SD Penerima PKH (Studi Kasus Perbandingan Anak Bukan Penerima PKH di Kenagarian Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover dll)
Vela Fitria 1916010029 COVER DLL.pdf - Published Version

Download (658kB)
[img] Text (BAB 1)
Vela Fitria 1916010029 BAB 1.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (BAB 3)
Vela Fitria 1916010029 BAB 3.pdf - Published Version

Download (637kB)
[img] Text (BAB 5-Daftar Pustaka)
Vela Fitria 1916010029 BAB 5-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text (full text)
Vela Fitria 1916010029 Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program yang memberikan bantuan tunai bersyarat kepada rumah tangga sangat miskin sebagai upaya untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan aspek kesehatan dan pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan besarnya jumlah penduduk miskin serta rendahnya kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Prestasi Pendidikan Anak Tingkat SD Penerima PKH (Studi Kasus Perbandingan Anak Bukan Penerima PKH di Kenagarian Sarik Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Difference in Difference (DiD). Sampel pada penelitian ini sebanyak 106 responden dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok treatment (Perlakuan) sebanyak 48 responden dan kelompok control (kontrol) sebanyak 58 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data DiD dibantu dengan perangkat software STATA versi 17. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan untuk variabel waktu sebesar 0,023<0,05 maka waktu berpengaruh signifikan terhadap nilai sebelum dan sesudah dalam dua semester. Artinya terdapat perbedaan nilai sesudah dan sebelum menerima PKH untuk variabel waktu. Nilai signifikan untuk intervention sebesar 0,002<0,05 maka perlakuan berpengaruh signifikan terhadap nilai sebelum dan sesudah dalam dua semester. Maka terima hipotesis penelitian bahwa penerima PKH menyebabkan kenaikan dan signifikan terhadap nilai sebelum dan sesudah dalam dua semester. Nilai signifikan untuk variabel interaksi waktu dan intervention sebesar 0,018<0,05 artinya ada perbedaan nilai sebelum dan sesudah menerima PKH. Penelitian serta pengujian statistik yang penulis lakukan didapatkan gambaran hasil bahwa PKH berdampak bagus terhadap nilai anak penerima PKH dibandingkan dengan nilai anak tidak penerima PKH. Hal ini dibuktikan dari nilai difference. Dimana selisih antara peningkatan nilai antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol baik sebelum maupun setelah adanya PKH adalah sebesar 5,690372.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Keluarga Harapan, Prestasi
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:11
Last Modified: 29 Aug 2023 06:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12990

Actions (login required)

View Item View Item