Mardhatilla, Rafika (2023) Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Strategi Pemasaran dalam Jual Beli Barang Pecah Belah di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.
Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
COVER-DAFTAR ISI_RAFIKA MARDHATILLA_1913040098.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I_RAFIKA MARDHATILLA_1913040098.pdf - Published Version Download (665kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III_RAFIKA MARDHATILLA_1913040098.pdf - Published Version Download (513kB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA_RAFIKA MARDHATILLA_1913040098.pdf - Published Version Download (471kB) |
|
Text (Full Text)
FULL TEXT_RAFIKA MARDHATILLA_1913040098-1.pdf - Published Version Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul tentang “Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Strategi Pemasaran dalam Jual Beli Barang Pecah Belah di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung”. Ditulis oleh Rafika Mardhatilla, Nim 1913040098, Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya strategi pemasaran dalam jual beli barang pecah belah salah satunya melakukan promosi persuade dengan menjual barang di tokonya dengan sistem arisan barang. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian penulisan ini adalah pertama, bagaimana strategi pemasaran dalam jual beli barang pecah belah di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung? Kedua, persepsi anggota arisan mengenai strategi pemasaran dalam jual beli barang pecah belah di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung? Ketiga, tinjauan Fikih Muamalah terhadap strategi pemasaran dalam jual beli barang pecah belah di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung? Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut dilakukan penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dari informan penelitian ketua arisan dan anggota arisan di Nagari Tanjung Bonai Aur. Penelitian ini juga didukung dari penelitian kepustakaan sebagai landasan teori strategi pemasaran dan jual beli. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. Pertama, bahwa strategi pemasaran pemilik toko dalam jual beli barang pecah belah di Nagari Tanjung Bonai Aur melakukan promosi dengan membuat arisan barang dalam menjual dagangannya. Kedua, persepsi anggota arisan dalam membeli barang pecah belah terdapat 2 pesepsi pertama ada 27 orang yang saling tidak ridho dalam jual beli itu dan ada 23 orang anggota yang merasa terbantu dalam jual beli sistem arisan ini. Ketiga, ditinjau dari fikih muamalah 27 orang anggota arisan yang sudah memenuhi rukun jual beli namun tidak memenuhi salah satu syarat jual beli bagi orang yang berakad karena masih adanya unsur ketiakrelaan kedua pihak dalam jual beli tersebut. Kedua, 23 orang anggota arisan yang merasa terbantu dalam jual beli sistem arisan tersebut sehingga sudah memenuhi rukun-rukun jual beli dan syarat-syarat sah jual beli
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fikih Muamalah, Strategi Pemasaran, Tanjung Bonai Aur |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Ruang Baca Fakultas Syariah |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 05:00 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 07:20 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12988 |
Actions (login required)
View Item |