Analisis Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako dalam Mengatasi Kemiskinan di Kelurahan Tigo Koto Diate Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam

Nisa, Rahmatun (2023) Analisis Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako dalam Mengatasi Kemiskinan di Kelurahan Tigo Koto Diate Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover)
RAHMATUN NISA 1916010018_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
RAHMATUN NISA 1916010018_BAB I.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text (BAB III)
RAHMATUN NISA 1916010018_BAB III.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (BAB V)
RAHMATUN NISA 1916010018_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (FULL TEXT)
RAHMATUN NISA 1916010018_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

.Kemiskinan bukan masalah baru yang dihadapi Indonesia. Sudah banyak usaha yang dilakukan pemerintah, salah satunya adalah pemberian bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako. Dilihat dari pelaksanaannya kedua program ini masih belum efektif dalam mengatasi kemiskinan. Pasalnya masih banyak masyarakat Kelurahan Tigo Koto Diate yang belum merasakan kesejahteraan sebagaimana mestinya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana efektivitas PKH dan Program Sembako dalam mengatasi kemiskinan di Kelurahan Tigo Koto Diate serta bagaimana PKH dan Program Sembako dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas PKH dan Program Sembako dalam mengatasi kemiskinan serta untuk mengetahui PKH dan Program Sembako dalam perspektif ekonomi Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuan (mix method). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKH dan Program Sembako di Kelurahan Tigo Koto Diate belum terlaksana secara efektif. Dilihat dari segi ketepatan waktunya pemberian bantuan PKH dan Program Sembako masih belum tepat waktu serta sering terjadi penundaan pendsitribusian bantuan sosial tersebut. Kemudian jika dilihat dari ketepatan adminstrasinya, PKH dan Program Sembako masih belum tepat administrasi karena masih banyak masyarakat yang mendapatkan lebih dari satu bantuan sosial dan tidak ada pendataan secara langsung oleh pihak terkait sebelum mendapatkan kedua program bantuan sosial ini. Namun jika dilihat dari ketepatan sasaran, ketepatan tujuan dan ketepatan jumlah kedua program ini sudah efektif dalam pelaksanaannya. Ditinjau dari 3 aspek dalam ekonomi Islam PKH dan Program Sembako sudah memenuhi aspek Takkaful dan Keadilan sedangkan untuk aspek tanggung jawab PKH dan Program Sembako belum ada tanggung secara penuh dalam administrasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Efektivitas, Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:45
Last Modified: 22 Sep 2023 03:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12966

Actions (login required)

View Item View Item