Kontribusi Perantau Berdasarkan Perspektif Remitan dan Pembangunan Desa (Persepsi Masyarakat Desa Huraba Kec. Siabu, Kab. Mandailing Natal)

sallim, Sallim (2023) Kontribusi Perantau Berdasarkan Perspektif Remitan dan Pembangunan Desa (Persepsi Masyarakat Desa Huraba Kec. Siabu, Kab. Mandailing Natal). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER DAN LAIN-LAIN)
Sallim_1916010002_Cover,dll ;.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text (BAB I)
Sallim_1916010002_Bab I,.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (BAB III)
Sallim_1916010002_Bab III,.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (BAB V)
Sallim_1916010002_Bab V,.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Sallim_1916010002_Fulltext ;.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini barkaitan dengan kontribusi perantau dari aspek remitan dan pembangunan desa berdasarkan persepsi masyarakat Desa Huraba Kec. Siabu, Kab. Mandailing Natal. Penelitian ini dilatar belakang dengan begitu cintanya perantau terhadap tanah kelahirannya sampai-sampai hampir setiap tahun menjelang Idhul Fithri, Idhul Adha selalu memberikan infak dalam jumlah besar. Tidak hanya infak, mereka juga berperan penting dalam pembangunan desa, seperti pembangunan mesjid, pembangunan lapangan dan penyediaan ambulans, bahkan perantau juga berperan aktif dalam menyantuni anak yatim atau piatu Sehingga membantu pembangunan pertumbuhan perekonomian masyarakat desa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kontribusi perantau berdasarkan perspektif remitan dan pembangunan desa (persepsi masyarakat Desa Huraba Kec. Siabu, Kab. Mandailing Natal). Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan kesimpulan. bahwa pentingnya Kontribusi perantau dalam pembangunan Desa Huraba Kec. Siabu, Kab. Mandailing Natal. Perantau memberikan kontribusi atau sumbangan perspektif remitan yang digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari seperti makan, pakaian, kesehatan, dan pendidikan, serta untuk investasi dalam bisnis atau pengembangan infrastruktur di desa. Masyarakat melihat kontribusi perantau perspektif remitan sebagai sumber pembiayaan atau sumber dana tambahan yang sangat baik dalam meningkatkan kondisi ekonomi keluarga atau masyarakat desa. Karena pengiriman remitan dapat membantu mengurangi kemiskinan di daerah asal dan meningkatkan kualitas pendidikan. Kontribusi perantau perspektif pembangunan memiliki potensi untuk berperan sebagai agen perubahan yang baik. Kontribusi perantau dalam konteks pembangunan dibedakan menjadi dua yaitu pembangunan fisik (pembangunan masjid, penyediaan lapangan, menyediakan ambulans), dan non-fisik (penyantunan anak yatim/piatu, distribusi zakat dan sedekah) yang menjadi sumber pembiayaan penting dalam pembangunan desa huraba. Persepsi Masyarakat terhadap Peran Perantau dan Remitan dalam Pembangunan Desa Huraba sangat baik. Karena Remitan dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, pendidikan, kesehatan, serta investasi dalam bidang usaha seperti toko sembako. Selain itu, remitan juga membantu meningkatkan tingkat kesejahteraan penduduk Desa Huraba dan mengurangi angka kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi perantau, remitan, pembangunan desa.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:24
Last Modified: 22 Sep 2023 02:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12947

Actions (login required)

View Item View Item