Etika Berdakwah di Media Sosial (Studi Tafsir Tematik Kementrian Agama RI)

Halim, Abdul (2024) Etika Berdakwah di Media Sosial (Studi Tafsir Tematik Kementrian Agama RI). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAFTAR ISI)
COVER DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (684kB)
[img] Text (BAB 3 FIX)
BAB 3 FIX.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (BAB 5 DAFTAR PUSTAKA)
BAB 5 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI FULL TEXT ABDUL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana etika berdakwah terutamaa berdakwah di media sosial. Penelitian ini dilatar belakangi karna perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Kemajuan teknologi yang pesat ini pula berdampak pada perkembangan dakwah ditengah-tengah masyarakat. Sosial media sering didefinisikan sebagai sebuah media online dimana para penggunanya dengan mudah bisa aktif berpstisipasi berbagi, dan menciptakan atau mengasilkan karya baik yang bersifat positif maupun yang negatif. Dakwah merupakan suatu kegiatan Dakwah merupakan suatu kegiatan yang diperintahkan oleh Allah kepada setiap manusia. Dakwah bertujuan mengubah tingkah laku manusia dari perilaku yang negatif ke prilaku yang positif. Sedangkan dakwah di media sosial yaitu Dakwah media sosial yaitu dakwah yang dilakukan secara tidak langsung atau menggunakan bantuan dari media sosial atau media berbasis online. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja etika-etika yang terdapat dalam berdakwah terutama di media sosial. Kegiatan dakwah media sosial ini pada saat ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan dapat dilakukan kapan saja. Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka penulis melakukan penelitian dengan menggunakan penelitian kepustakaan yang didasarkan pada kitab tafsir dan buku-buku terkait dengan pembahsan yang ada. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu al-Qur’an dan kitab tafsir. Sedangkan sumber data sekunder nya yaitu buku dan artikel yang terkait dengan pembahasan ini. Hasil dari penelitian ini yaitu ayat-ayat yang berkaitan dengan pembahasan ini yaitu surah Ibrahim ayat 4, Ali imran ayat 41, Al-isra’ ayat 53. Kemudian etika-etika yang terdapat dari ayat-ayat yang tentang etika berdakwah antara lain, bahasa yang digunakan dapat mudah dipahami oleh pendengar dan penrima dakwah, berisi ajakan untuik mengngat allah, semua pesan dakwah yang diberikan oleh pendakwah harus berisi ajakan untuk mengingat dan menyembah allah, memakai bahasa yang santun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: etika dakwah, media sosial
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 15 May 2024 06:41
Last Modified: 15 May 2024 06:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12926

Actions (login required)

View Item View Item